Ibu Hamil Dan Menyusui

4 Makanan ini Perlu Dihindari Ibu Hamil Saat Sahur

Posted On Mei 25, 2018 at 9:21 am by / No Comments

Ibu hamil yang tetap menjalankan ibadah puasa harus memerhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi terutama saat berbuka puasa dan sahur. Meskipun sedang berpuasa, Bunda harus memastikan kebutuhan gizi untuk Bunda dan bayi tercukupi dengan baik. Lalu, adakah makanan ibu hamil saat sahur yang sebaiknya dihindari?

Apa saja makanan ibu hamil saat sahur yang sebaiknya dihindari?

Jika kondisi Bunda memang memungkinkan, Bunda boleh saja menjalani puasa selama bulan Ramadhan. Jangan lupa, konsultasikan dulu ke dokter kandungan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan selama berpuasa.

Ketika memutuskan berpuasa saat sedang hamil, penting bagi Bunda untuk memerhatikan asupan nutrisi yang Bunda konsumsi saat sahur maupun berbuka. Pasalnya, setiap makanan dan minuman yang dikonsumsi ibu hamil dapat memengaruhi kesehatan Bunda dan janin. Salah-salah, makanan yang Bunda konsumsi justru berbahaya bagi perkembangan janin Bunda.

Asupan makanan sahur yang tepat memiliki peranan penting untuk memenuhi kebutuhan energi Bunda selama berpuasa di siang hari. Nah, agar tidak salah asupan, berikut ini beberapa jenis makanan ibu hamil saat sahur yang harus dihindari:

1. Makanan mentah atau setengah matang

Ibu hamil rentan sekali terinfeksi bakteri dari makanan mentah atau makanan yang tidak dimasak sampai matang. Pasalnya, makanan-makanan tersebut mungkin saja tercemar bakteri dan parasit yang berbahaya jika dikonsumsi ibu hamil.

Bakteri listeria pada daging, misalnya. Bakteri tersebut umumnya terdapat pada unggas mentah yang jika tidak diolah dengan baik dapat mengakibatkan keguguran. Selain itu, bakteri salmonella yang umumnya terdapat pada telur setengah matang dan makanan laut mentah juga bisa memicu keguguran.

Oleh karena itu, pastikan setiap makanan yang ingin Bunda konsumsi memiliki tingkat kematangan yang sudah sempurna. Jadi, usahakan hindari makanan mentah atau setengah matang saat sahur.

2. Makanan yang mengandung merkuri

Merkuri adalah limbah kimia dari berbagai aktivitas manusia, seperti pembakaran, pertanian, dan limbah dari pabrik-pabrik yang menggunakan merkuri. Limbah ini biasanya dibuang ke sungai dan berakhir pada laut. Di dalam air, merkuri dapat berubah jadi zat metilmerkuri. Kemudian metilmerkuri ini berikatan dengan protein yang ada pada otot ikan.

Nah, jika Bunda mengonsumsi ikan atau seafood yang mengandung merkuri, maka merkuri tersebut juga akan termakan dan menimbulkan berbagai dampak buruk bagi kesehatan. Merkuri yang termakan akan terakumulasi di dalam tubuh, bahkan dapat memengaruhi ASI pada ibu yang sedang menyusui. Jumlah metilmerkuri yang sudah terakumulasi tersebut dapat menjadi racun bagi sistem saraf yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan bahkan gangguan pertumbuhan dan perkembangan janin.

Namun bukan berarti ibu hamil membatasi makan ikan, yang terpenting adalah memilih jenis ikan yang tepat. Oleh karena itu disarankan untuk tidak mengonsumsi kerang hijau, ikan hiu, king mackerel, atau kepiting.

Baca jugaCara Aman Puasa Saat Hamil Trimester Pertama

3. Makanan dengan kalori berlebih

Selama berpuasa, Bunda harus tetap disiplin dalam mengatur pola makan. Termasuk dalam mengatur asupan kalori. Ini dilakukan supaya Bunda terhindar dari obesitas yang pada akhirnya dapat meningkatkan risiko melahirkan bayi dengan berat badan berlebih.

Maka dari itu, perhatikan asupan makanan Bunda. Konsumsilah makanan sehat dari buah dan sayuran. Hindari pula makanan manis dan berlemak. Jangan lupa, atur porsi makan Bunda.

4. Makanan tinggi gula dan rendah serat

Ketika sahur, tubuh Bunda membutuhkan makanan yang mengenyangkan dan tahan lama di dalam perut. Mengonsumsi makanan yang mengandung gula tinggi hanya akan membuat Bunda cepat lapar. Apalagi, jika Bunda tak mengonsumsi banyak serat saat sahur.

Jadi, pastikan bila Bunda sahur dengan menu makan yang memiliki kandungan serat tinggi. Menu makanan seperti ini akan membantu menjaga energi tetap stabil di dalam tubuh.

sumber gambar : google.com

Gamis Menyusui / Gamis Ibu Hamil / Jual gamis menyusui Online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.