Blog

Air mawar adalah ekstrak cairan yang terbuat dari air dan rendaman kelopak mawar. Biasanya cairan ini digunakan sebagai parfum karena aromanya yang terasa manis. Meski begitu, air mawar juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Apa saja?

Sumber : hellosehat

Berbagai macam manfaat air mawar untuk kesehatan

1. Menjaga kesehatan kulit

Kulit rentan mengalami kerusakan dan penuaan dini akibat paparan sinar UV, bahan kimia, serta polusi. Nah, di sinilah guna air mawar untuk menjaga kesehatan kulit.

Ekstrak mawar alami memiliki sifat antiperadangan yang dapat menenangkan iritasi kulit, misalnya akibat eksim dan rosacea. Terlebih, air estrak mawar dapat mengurangi tampilan garis halus dan keriput di wajah. Tidak mengherankan bila Bunda sering menemukan air mawar sebagai bahan toner dan pembersih muka yang banyak dijual di pasaran, bukan?

2. Mengatasi sakit tenggorokan

Saat sakit tenggorokan, Bunda biasanya akan diberikan resep antibiotik atau obat-obatan lainnya. Namun, Bunda juga dapat mencoba menyeduh kelopak bunga mawar segar untuk dijadikan teh herbal guna mempercepat proses pemulihannya.

Meski belum ada penelitian ilmiah yang mampu membuktikan manfaat air mawar ini, namun sifat peradangannya dipercaya ampuh meredakan gejala sakit tenggorokan. Tapi, ada baiknya Bunda berkonsultasi pada dokter terlebih dahulu mengenai penggunaan air bunga mawar untuk mengobati sakit tenggorokan.

3. Menjaga kesehatan otak dan menghilangkan stres

Menghirup aroma mawar dapat membangkitkan kembali mood yang buruk akibat stres harian. Dilansir dari Medical News Today, beragam penelitian menyatakan bahwa air mawar bersifat menenangkan karena kandungan antidepresan dan antikecemasannya.

Harumnya aroma mawar juga dipercaya memicu rasa kantuk dan efek rileksasi untuk menenangkan pikiran.

4. Untuk kesehatan pencernaan

Minum teh herbal mawar juga telah terbukti memiliki efek menguntungkan pada sistem pencernaan Bunda. Air ekstrak mawar bekerja meningkatkan aliran cairan empedu, yangbisa membantu mengatasi gejala keluhan pencernaan umum, termasuk perut kembung dan sakit perut.

Minum air rendaman kelopak mawar juga dapat berfungsi sebagai pencahar untuk memperlancar urusan BAB Bunda, sekaligus mencegah sembelit.

Jangan sembarangan pakai. Perhatikan juga beberapa hal berikut ini
Sebelum menggunakan air mawar untuk mendapatkan manfaat kesehatannya, ada baiknya Bunda menguji dulu apakah anda memiliki alergi terhadap air wangi ini. Pasalnya, ada beberapa orang yang ternyata memiliki alergi pada tanaman tertentu.

Coba oleskan sedikit air mawar ke punggung tangan atau belakang telinga Bunda. Tunggu selama 24 jam dan perhatikan adakah reaksi alergi yang muncul, seperti kulit memerah, sensasi panas, atau kulit gatal. Bila setelah 24 jam Bunda merasa baik-baik saja, ini tandanya Bunda boleh menggunakan ekstrak mawar ini secara rutin.

Baju Menyusui Gamis Menyusui / Khimar Syar’i / Gamis Ibu Menyusui /Gamis Ibu Hamil / Pakaian Menyusui

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.