Blog
Spread the love

Melahirkan butuh banyak persiapan matang agar proses persalinannya lancar jaya. Nah, sudahkan Bunda membekali diri dengan lima hal berikut?

Persiapan melahirkan yang tidak boleh terlewatkan

1. Pahami proses persalinan

Pastikan Bunda sudah belajar terlebih dahulu seperti apa kira-kira proses melahirkan nantinya, terutama jika ini merupakan pengalaman pertama Bunda.

Bertanya pada dokter, sharing dengan teman yang sudah pernah melahirkan sebelumnya, hingga mencari informasi terpercaya dari internet, dapat bantu Bunda untuk lebih memahami proses persalinan sungguhan.

Dengan memahami prosesnya, Bunda akan jauh lebih tenang dan siap saat hari-H tiba. Persalinan pun dapat berlangsung tanpa rasa sakit.

2. Sisihkan waktu seperti “me-time”

Wajar untuk merasa kewalahan menghadapi hari persalinan. Lagipula ini adalah momen yang paling Bunda tunggu-tunggu setelah 9 bulan lamanya. Namun, jangan biarkan stres persiapan melahirkan malah menggerogoti kesehatan Bunda.

Persiapkan diri dengan mengikuti kelas prenatal ataupun melakukan senam hamil sebagai salah satu cara mengisi waktu menjelang persalinan bunda. Tidak ada salahnya juga untuk memanjakan diri di salon atau spa untuk merilekskan tubuh dan pikiran.

Selain membawa dampak positif bagi Bunda, calon bayi dalam kandungan juga dapat menuai manfaatnya. Mental ibu yang lebih kuat menjelang hari-H persalinan bisa membantu meningkatkan stamina, menurunkan risiko komplikasi melahirkan, sampai membantu tubuh pulih lebih cepat usai melahirkan.

3. Tentukan tempat bersalin plus dokternya

Nah, persiapan melahirkan yang satu ini adalah salah satu hal yang paling memengaruhi kelancaran proses melahirkan.

Pastikan Bunda sudah menggali informasi tentang dokter yang akan menangani Bunda dan seluk-beluk tempat bersalin nantinya. Entah itu fasilitasnya, transportasi yang dapat dipakai, hingga bagaimana pelayanannya. Jangan lupa juga untuk mencatat nomor telepon dokter dan tempat bersalinnya ya bund.

4. Siapkan peralatan pribadi si kecil

Ketika telah memasuki bulan ke tujuh kehamilan, sudah saatnya Bunda dan pasangan mulai mencicil barang apa saja yang nantinya akan digunakan oleh si kecil setelah ia lahir. Seperti halnya baju, sepatu, mainan, stroller, sampai boks tidur bayi.

Persiapan melahirkan yang satu ini tidak perlu dilakukan secara terburu-buru, tentu pastikan saat hari kelahiran tiba semua peralatan pribadi si kecil telah tersedia.

5. Kemas barang-barang penting

Jangan lupa untuk mengemas barang pribadi Bunda sendiri. Dari jauh-jauh hari sebelumnya, mulai catat barang penting apa saja yang harus Bunda bawa ke rumah sakit nantinya – meliputi barang bawaan Bunda, orang yang menemani persalinan, dan bayi.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.