Blog
Spread the love

Selama masa kehamilan, setiap wanita pasti mengalami kenaikan berat badan sekitar 10-15 kg, dengan 2-5 kg merupakan lemak yang disimpan selama masa kehamilan. Lemak tersebut disimpan dengan tujuan memberi Bunda energi lebih saat menyusui.

Menyusui bukan hanya cara terbaik untuk menutrisi buah hati Bunda, tapi juga cara paling mudah untuk mengurangi timbunan lemak. Beberapa wanita mungkin mengalami kesulitan menurunkan berat badan. Bukan karena terlalu banyak makan, namun karena asupan kalorinya kurang. Kekurangan asupan kalori pada ibu hamil mengakibatkan tubuh menimbun lebih banyak lemak. Lalu bagaimana cara yang tepat untuk menurunkan berat badan selama menyusui? Berikut ini tipsnya, seperti yang telah dilansir oleh Sparkeople.com.

Makan Teratur

Usahakan pola makan Bunda teratur, dan selingi dengan makanan ringan setiap beberapa jam sekali. Bunda membutuhkan energi yang lebih banyak untuk menyusui

Perbanyak Minum

50% kandungan ASI adalah air. Selain itu, air juga komponen penting untuk proses metabolisme dalam tubuh Bunda. Minumlah 2 L air setiap hari.

Olahraga

Lakukan olahraga ringan, tentu setelah dokter mengijinkan, untuk membantu menurunkan berat badan Bunda. Olahraga teratur dan memiliki peningkatan, gerakan dan durasi, sangat membantu

Hindari Stres

Saat stres, tubuh Bunda akan melepaskan hormon cortisol, yang dapat meningkatkan pacu jantung, memperlambat sistem pencernaan dan mengalirkan aliran darah menjauhi sistem pencernaan. Jadi jika Bunda tidak makan teratur, stres, dan kurang tidur, proses penurunan berat badan Bunda akan terganggu.

Hidup Sehat

Jika Bunda sudah melakukan segala sesuatunya dengan benar, namun berat badan Bunda tidak kunjung berkurang, bisa jadi karena hormon atau kesehatan Bunda. Satu-satunya pilihan adalah hidup sehat. Makan makanan sehat dan “bersih”, serta olahraga teratur. Setelah Bunda sudah tidak menyusui, Bunda bisa melakukan diet-diet sehat lain untuk menurunkan berat badan.

Namun, Bunda harus ingat bahwa ASI sangat penting bagi bayi Bunda dan proses menyusui dapat mempererat ikatan antara Bunda dengan bayi Bunda. Hal itu tentunya lebih penting daripada angka pada timbangan bukan? Jangan stres karena masalah ini. Tetap hidup sehat dan cukupi nutrisi buah hati serta Bunda sendiri.

Semoga bermanfaat ya bund artikel, silahkan cobain produk dari SOFEYA bund yaitu gamis menyusui yang sangat rekomended bagi bunda-bunda sekalian.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.