Blog
Spread the love

Bunda mungkin tidak pernah lupa untuk menyiapkan bekal makan siang sebelum berangkat ke kantor. Namun, apakah Bunda juga sudah membawa camilan? Selain membuat perut tetap kenyang, camilan juga penting untuk membantu Bunda tetap fokus saat bekerja, lho. Yuk, intip ide camilan bekal ke kantor yang sehat dan praktis berikut ini.

Pilihan camilan sehat dan praktis untuk bekal ke kantor

Sesibuk apapun Bunda, selalu sempatkan sedikit waktu untuk makan camilan di sela-sela bekerja. Brittany Kohn, M.S., R.D, seorang ahli gizi dari New York University, mengungkap kepada Self bahwa makan camilan saat di kantor bisa membantu menjaga stamina tubuh sekaligus menjaga gula darah tetap stabil menjelang sore hari.

Terlebih, padatnya aktivitas di kantor sering kali membuat Bunda ngidam makanan yang tidak sehat. Contohnya mengonsumsi keripik kentang yang mengandung 303 kalori dan 19,6 gram lemak. Jika ngidam tidak sehat ini Bunda turuti, maka hati-hati dengan risiko obesitas yang siap mengintai Bunda.

Sebagai solusinya, yuk, siapkan salah satu camilan sehat untuk bekal ke kantor berikut ini.

1. Roti isi/ sandwich

Setangkup sandwich isi sayur dapat menjadi salah satu camilan bekal ke kantor yang sehat untuk Bunda. Jika satu tangkup roti isi dirasa terlalu banyak, coba potong sandwich menjadi beberapa bagian kecil-kecil supaya lebih praktis dimakan dan mengenyangkan.

Agar semakin sehat, pilih roti gandum dan perbanyak asupan sayur maupun sumber protein di dalamnya. Misalnya menambahkan daun selada, tomat, keju, telur, atau daging sesuai selera Bunda.

Satu porsi kecil sandwich sehat ini bisa membantu memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral harian Bunda. Bunda pun tidak perlu takut gemuk karena camilan sehat yang satu ini hanya mengandung kurang dari 300 kalori.

2. Yogurt

Bunda sedang diet dan enggan makan camilan karena takut gemuk? Tenang, Bunda bisa mengonsumsi yogurt dan memanfaatkannya sebagai camilan bekal ke kantor.

Yogurt mengandung banyak kalsium, protein, dan probiotik yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan. Selain itu, setiap 6 ons greek yogurt hanya mengandung 150 kalori, jadi tidak akan membuat berat badan Bunda langsung naik drastis. Bahkan, kandungan tinggi seratnya justru dapat membuat Bunda kenyang lebih lama dan mencegah kalap saat makan siang atau makan malam nanti.

Bagi Bunda yang tidak suka dengan yogurt yang cenderung asam, Bunda dapat menambahkan beberapa potong buah atau kacang-kacangan di atasnya. Dengan begitu, kandungan vitamin dan mineralnya pun jadi berlipat-lipat.

3. Popcorn

Banyak orang yang enggan makan popcorn karena takut dengan kandungan garamnya yang tinggi. Takut jadi cepat gemuk? Tenang, popcorn justru termasuk salah satu camilan sehat karena mengandung serat tinggi, lho.

Popcorn juga mengandung rendah kalori, tapi dengan catatan Bunda tidak menambahkan mentega leleh atau pemanis di atasnya. Sebagai solusinya, ganti dengan taburan keju supaya lebih lezat dan membuat perut kenyang lebih lama selama di kantor.

4. Salad buah

Bagi Bunda pecinta sayur dan buah, mengapa tidak mempersiapkan salad buah sebagai camilan bekal ke kantor? Caranya sangat praktis. Bunda tinggal mencampurkan berbagai jenis sayur dan buah yang Bunda sukai, lalu tambahkan sedikit mayonaise dan keju parut di atasnya.

Selain rasanya yang segar, salad buah cenderung rendah kalori tapi tinggi vitamin, mineral, dan serat. Kandungan nutrisi ini tentu sangat sehat untuk Bunda, terlebih bagi Bunda yang sedang diet.

5. Oatmeal

Siapa bilang kalau oatmeal hanya cocok dikonsumsi saat sarapan? Buktinya, makanan sehat yang satu ini juga dapat Bunda manfaatkan sebagai camilan kantor yang mengenyangkan, lho.

Oatmeal dilengkapi dengan protein, magnesium, fosfor, dan vitamin B1 yang bermanfaat untuk menghasilkan energi. Yang tidak kalah penting, kandungan serat pada oatmeal bisa mencegah Bunda dari kelaparan sampai waktu makan siang tiba.

Bunda bisa sangat mudah menemukan oatmeal sehat di toko serba ada, supermarket, maupun toko-toko online. Pilihlah oatmeal tanpa rasa, lalu tambahkan kismis atau buah-buahan di atasnya untuk menambah asupan gula alami yang jauh lebih sehat.

6. Cokelat hitam

Yang tidak kalah praktis, bawalah sebatang cokelat hitam alias dark chocolate sebagai camilan bekal ke kantor. Pasalnya, cokelat hitam kaya akan magnesium yang berfungsi sebagai obat stres alami dan ampuh memperbaiki suasana hati yang kacau.

Maka, tidak heran banyak orang yang memilih makan cokelat untuk mengobati stresnya. Apalagi kalau pekerjaan di kantor sedang menumpuk. Dari sekian banyak jenis cokelat hitam yang ada, pilih cokelat yang mengandung 70 persen kakao supaya lebih sehat.

Jadi, camilan apa yang akan Bunda bawa sebagai bekal ke kantor hari ini?

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.