8 Tips Merawat Kulit Bayi Tetap Halus Dan Sehat

8 Tips Merawat Kulit Bayi Tetap Halus Dan Sehat

Tahukah Anda, Bahwa si kecil memiliki kulita yang sangat sensitif. Benar, kulit bayi sangat tipis dan rentan untuk terjadi iritasi. Maka untuk menjaga kulit si kecil tetap sehat adalah salah satu hal yang penting untuk merawat bayi anda. Inilah 8 tips untuk merawat kulit bayi  yang bisa Anda terapkan di rumah mulai sekarang :

8 Tips Merawat Kulit Bayi Tetap Halus dan Sehat

1. Jangan Keseringan Memandikan Bayi

Dimandikan secara berlebihan dapat membuat kulit bayi kehilangan minyak alaminya serta kandungan lainnya, dimana minyak tersebut berfungsi untuk memberikan perlindungan bakteri dan bahan iritan lainnya.

2. Pilih Produk Perawatan Kulit Yang Sesuai

Gunakanlah sabun dan shampoo dimana formulanya dibuat sesuai dengan usia bayi Anda. Pastikan juga produk yang digunakan untuk merawat kulit bayi anda harus sedikit dan tidak mengandung pewarna, pewangi, alkohol bahkan bahan kimi yang dapat berbahaya untuk kesehatan kulit si kecil. Maka cermatilah label komposisi dalam kemasannya ya bund….

3. Hindari Pemakaian Beda yang Berlebihan

Bedak bayi adalah salah satu produk perawatan kulit yang bunda sering gunakan. Namun, Anda perlu hati-hati dalam menggunakan bedak tersebut, bahkan sebisa mungkin untuk menghindarinya. Sebab bedak bayi mengandung banyak partikel yang amat halus sehingga mudah terhirup oleh si bayi. Efeknya mungkin tidak baik bagi kesehatannya. Bila Anda menggunakan bedak bayi, maka gunakan secara tipis pada kulit bayi Anda.

4. Menjaga Kelembaban Kulit Bayi

Kulit bayi ini sangat mudah kering. Oleh karena itu, Anda perlu merawat kulitnya agar kondisi kulit si kecil tetap lembab. Salah satu yang bisa dilakukan yaitu dengan menggunakan pelembab khusus bayi setelah mandi. Gunakan pelembab yang sesering munkin bila di perlukan, apalagi waktu cuaca panas dan udara kering.

5. Jangan Takut Terkena Sinar Matahari

Penggunaan tabir surya kepada bayi sangat tidak di rekomendasikan karena belum terbukti aman untuk kulitnya. Akan tetapi, jangan takut dalam membawa bayi untuk keluar jalan-jalan pada siang hari ketika matahari sedang terik. Pastikan bahwa sinar matahari tidak terkena langsung ke kulit si kecil.

6. Bersihkan Area Lipatan

Sewaktu anda mengoleskan pelembab ke kulit si kecil, pastikan kulit si kecil tidak basah. Lotion pelembab bisa mengendap pada bagian kulit yang tipis sehingga rentan mengalami ruam. Ruamnya sering terjadi pada bayi yang sudah menginjak usia 3 bulan ketika bayi sering meneteskan air liurnya. Untuk mencegah ruam kemerahan maka bersihkan sudut bayi Anda setidaknya dua kali sehari. Disarankan gunakanlah air ketika ada susu atau sisa makanan di sekitar bibirnya.

7. Jaga Kebersihan Popok Bayi Anda

Pastikan popok bayi Anda selalu terjaga kering. Selain kering secepatnya atasi ruam popok pada bayi Anda dan berikan pengobatan yang tepat sesuai penyebabnya.

8. Waspada Terhadap Gejala Eksim

Ruam kemerahan yang sering muncul pada kulit bayi salah satunya disebabkan karena eksim. Biasanya gelajala tersebut seperti ruam  merah yang kering dan gatal dan muncul di sekitar pipi atau dahi si kecil. Kebanyakan kasus ini dapat diobati dengan obat eksim yang biasa dijual di pasar bebas. Namun jika gejalanya tidak membaik segeralah konsultasi dengan dokter specialis anak.

Wah memang repot bund untuk menjaga kulit bayi anda namun langkah-langkah diatas bisa anda terapkan untuk kesehatan kulit bayi Anda. Dari masalah diatas tentu bunda sibuk sekali dalam merawat diri bunda. Sofeya memberikan solusi untuk bunda yang sedang menyusui untuk menggunakan gamis menyusui karena memudahkan bunda dalam tampil cantik saat menyusui si kecil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *