Blog

Ada waktunya nasehat atau kata kata motivasi yang kita berikan ke anak kita tidak bisa diserap olehnya dengan baik. Terkadang kita orang tua tidak dapat melihat waktu atau moment saat memberikan nasehat pada anak. Malah keseringan kita hanya memberikan nasihat waktu memarahi anak karena melakukan suatu kesalahan, sehingga tidaklah jelas kalau kita memarahi atau memberikan nasehat.

Pemilihan waktu yang tepat yang bisa meringankan tugas orang tua dalam memberikan arahan kepada anak kita. Memang memilih waktu menjadi hal yang penting karena kadang hati anak kita bisa menerima arahan dari kita, namun ada waktunya anak menolak dan tidak mau untuk mendengarkan atau menerima nasehat kita.

Rasulullah SAW selalu memperhatikan dengan teliti waktu dan tempat yang tepat dimana untuk mengarahkan anak, membangun pola pikir anak, serta mengarahkan perilaku anak dan menumbuhkan perilaku yang baik terhadap anak.

Berikut tiga waktu yang tepat dalam memberikan nasehat terhadap anak :

1. Dalam Perjalanan

Kenapa dalam perjalanan adalah waktu yang tepat untuk memberikan nasehat kepada anak. Penjelasanya adalah anak akan lebih memperhatikan orang tua dimana jika di waktu perjalanan ini dia memiliki mood yang sangat baik dalam menerima nasehat kita.

Bahkan hal diatas bisa menjadi waktu yang tepat karena waktu perjalanan adalah jiwa kita selalu terbuka melihat sepanjang  jalan dimana kita bisa memberikan contoh bagi sang anak.

2. Waktu Makan

Pada waktu inilah waktu yang tepat untuk anak menerima nasehat orang tua, kenapa karena seorang anak selalu berusaha untuk tampil apa adanya. Sehingga anak terkadang melakukan perbuatan yang tidak sesuai dengan sopan santun di meja makan. Nah jika kedua orangtua tidak segera memberikan arahan dan nasehat kepada sang anak, maka anak akan melakukan kesalahan tersebut berulang kali.

3. Waktu dimana Anak Sakit

Sakit memang waktu dimana bisa melunakan hati semua orang bahkan orang dewasa sekalipun. Lalu bagaimana cara hati anak-anak yang masih begitu sensitif dan mudah menerima? Anak kecil ketika sakit memiliki dua keutamaan yang terkumpul padanya untuk meluruskan apa kesalahan dan perilakunya bahkan menyakinkannya, Yakni keutamaan kesucian anak dan keuatamaan lunaknya hati ketika sakit

Nah jadi bunda bisa bersabar untuk mencari waktu yang tepat kapan anak bisa di nasehati ya? Baca Juga : Manfaat Buah Melon Untuk Kehamilan 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.