Blog
Spread the love

Setelah berhasil melalui panjangnya proses melahirkan, tidak berarti perjuangan Bunda telah selesai. Pasalnya, tidak sedikit Bunda yang mengeluhkan sakit perut, nyeri pada bekas jalan lahir, hingga kecemasan berlebih selama beberapa jam usai melahirkan. Demi mencari pengobatan yang alami, murah, dan mudah didapat, akhirnya pilihan jatuh pada jamu tradisional yang dipercaya ampuh meredakan gejala. Namun, memangnya aman kalau Bunda minum jamu setelah melahirkan?

Minum jamu setelah melahirkan, boleh atau tidak?

Jamu telah lama dikenal punya khasiat yang baik untuk menunjang kesehatan tubuh. Tak heran, minum jamu seperti sudah menjadi tradisi turun temurun yang biasanya dilakukan untuk memulihkan kondisi tubuh yang kurang sehat.

Itulah salah satu alasan mengapa minuman herbal yang terbuat dari berbagai bagian tumbuhan meliputi akar, daun, kulit, batang, serta buah ini, sering jadi pilihan para Bunda. Terlebih karena banyak pendapat yang mengatakan bahwa minum jamu setelah melahirkan dapat membantu mengencangkan otot perut, mempercepat pemulihan luka, serta melancarkan produksi ASI.

Alasannya?

Sebenarnya tidak masalah bila Bunda minum jamu setelah lewat beberapa jam pasca persalinan, yang bertujuan untuk mengurangi rasa tidak nyaman. Sebab ada beberapa rempah-rempah sebagai bahan dasar pembuat jamu yang nyatanya baik untuk tubuh Bunda setelah melahirkan.

Dilansir dari Mom Junction, rempah seperti kunyit mengandung berbagai vitamin dan mineral termasuk vitamin B6, vitamin C, kalium, mangan, dan magnesium yang baik untuk tubuh Bunda. Di samping itu, kunyit juga diyakini bisa memulihkan sakit perut dan menyembuhkan luka pasca melahirkan berkat sifat antiradang yang ada di dalamnya.

Selain kunyit, bahan utama jamu yang juga sering digunakan yakni jahe. Bukan tanpa alasan, nyatanya jahe tak kalah kaya akan vitamin B6, vitamin E, magnesium, zat besi, kalium, mangan, serta selenium. Jahe juga terkenal berkat kandungan antiradang yang dapat membantu memperbaiki luka setelah persalinan. Bahkan, minum jamu dari jahe dinilai dapat memperlancar produksi ASI.

Tetap konsultasikan dulu pada dokter

Sebelum memutuskan untuk minum jamu setelah melahirkan, pertimbangkan kembali bahwa tidak semua kondisi kesehatan diizinkan dalam hal ini. Sebaiknya bicarakan kembali dengan dokter Bunda mengenai efek samping atau risiko yang mungkin terjadi sesuai dengan kondisi tubuh Bunda pasca persalinan.

Pasalnya, kadang dokter mungkin saja meresepkan beberapa jenis obat guna memulihkan kondisi Bunda, misalnya karena Bunda baru menjalani operasi melahirkan caesar atau kondisi medis lainnya. Beberapa kondisi tersebut yang dikhawatirkan akan menimbulkan interaksi dari jamu dan obat yang kurang baik untuk kesehatan.

Tidak ada salahnya juga untuk berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter bila ingin minum jamu guna memperlancar produksi ASI.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.