Blog
Spread the love

Cara Terbaik Untuk Meningkatkan Kualitas ASI – Orang tua yang baru saja melahirkan sering kali sangat khawatir karena belum dapat menyesuaikan diri terutama dalam memberikan kualitas ASI yang baik.

Salah satu masalah yang paling umum adalah Bunda sering khawatir apakah sudah makan sesuai kebutuhan dan apakah makanan tersebut mempunyai dampak buruk terhadap kualitas ASI.

Bunda harus mengetahui dan mementingkan kualitas ASI terbaik untuk bayi Bunda walaupun terkadang seperti aneh dan sulit untuk Bunda lakukan dengan benar.

Cara Terbaik Untuk Meningkatkan Kualitas ASI

Bunda harus makan makanan tertentu untuk membuat ASI berkualitas sehingga bayi Bunda terpenuhi segala kebutuhan dan mempunyai berat badan dan perkembangan yang normal.

Bunda yang ada dimanapun mempunyai jenis dan macam diet yang berbeda tetapi semuanya mempunyai tujuan dalam memperbaiki kualitas ASI. Makanan sehat dan seimbang akan dapat meningkatkan kualitas ASI dan akan membantu Bunda tidak mempunyai berat badan berlebih.

Makanan yang bergizi akan membantu Bunda segera sehat dan normal kembali setelah melahirkan bayi yang menguras banyak tenaga. Dokter akan menyarankan untuk Bunda yang menyusui mengkonsumsi kalori lebih sekitar 250 hingga 500 kalori setiap harinya.

Berikut ini kiat diet Bunda menyusui untuk memperbaiki kualitas ASI dan menyehatkan Bunda:

1. Tubuh harus terhidarasi dengan baik atau minum cairan dengan cukup

Saat menyusui tubuh Bunda sangat membutuhkan cairan lebih banyak untuk dapat menghasikan ASI 8 hingga 10 cangkir setiap hari. Bunda dapat minum air putih serta beberapa cairan dari jus, susu kedelai atau susu dari bahan dasar beras, teh herbal serta kaldu akan sangat memperbaiki kualitas ASI.

Saat menyusui Bunda harus membatasi asupan minuman kafein seperti kopi, teh serta minuman yang berbahaya seperti alkohol.

Salah satu tips mudah untuk memperbaiki kualitas ASI dengan cairan adalah dengan minum segelas air putih dan jus setelah Bunda makan.

2. Perbanyak makan sayuran hijau dan buah

Salah satu solusi mudah adalah dengan banyak makan sayuran yang berdaun hijau gelap contohnya bayam , kangkung atau dapat juga daun katu. Makan sayuran harus di lakukan dan wajib setiap hari.

Jika saat ini Bunda sangat membenci makan sayuran, sudah saatnya berubah demi masa depan bayi Bunda. Cobalah dengan sedikit demi sedikit membiasakan makan sayuran hijau.

Selain sayuran hijau, Bunda juga harus makan biji-bijian karena sangat banyak mengandung nuturisi yang baik untuk Bunda dan bayi.

Buah-buahan dapat menjadi cemilan Bunda dan selingan makanan yang dapat mendorong energi yang sangat baik buat Bunda.

Makanan lainnya yang baik untuk Bunda dan bayi adalah makanan dari bahan beras merah, roti gandum dan pasta, oatmeal.

3. Dapatkan protein dengan cukup tetapi tidak berlebihan

Bunda juga harus makan makanan yang mengandung protein 3 kali sehari dapat di kombinasikan dengan nasi atau beras merah. Protein dapat berasal dari daging atau makanan unggas, makanan laut, telur, tahu, kacang-kacangan dan keju.

Ikan dapat di makan setiap hari tetapi pastikan ikan yang tidak mengandung banyak merkuri karena beberapa jenis ikan memang mengandung merkuri berbahaya.

4. Makanan lemak yang penting saja

Tubuh Bunda membutuhkan lemak untuk membuat ASI. Makanan lemak terbaik untuk kualitas ASI adalah minyak sayur, alpukat, kacang-kacangan dan produk susu.

Bunda harus menahan diri untuk tidak makan banyak lemak dari margarin dan makanan ringan yang kurang bermanfaat.

5. Makanan organik

Makanan organik di yakini memiliki kualitas lebih baik dan tidak mengandung pestisida dan pupuk berbahaya. Makan makanan organik dapat menjadi pilihan walaupun banyak pakar meyakini makanan organik dan non organik tidak memiliki perbedaan yang terlalu mencolok.

Bunda dapat makan makanan organik utama yang berhubungan dengan ASI seperti peach, apel, paprika manis, seledri, nektarin, stroberi, ceri, pir, anggur, bayam, selada, dan kentang.

6. Vitamin dan Mineral

Menyusui sangat membutuhkan asupan vitamin dan mineral dan yang paling penting adalah kalsium, vitamin D, asam folat dan besi. Cara paling cepat dan aman adalah dengan minum supleman yang di anjurkan oleh dokter Bunda.

Baca Juga :

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.