Blog
Spread the love

Gaya Hidup Yang Bisa Bikin Awet Muda

Terlihat menjadi lebih muda dari usia yang sebenarnya merupakan sebuah impian bagi semua orang, sehingga tak mengherankan apabila banyak orang terutama perempuan berupaya keras dalam mendapatkan kulit yang segar, sehat, cantik, serta awet muda. Bahkan untuk saat ini, banyak perempuan muda yang telah melakukan berbagai perawatan untuk merawat kulitnya sejak dini.

Namun tahukah Bunda apabila ada beberapa cara yang bisa Bunda lakukan agar bisa awet muda? Berikut adalah beberapa tips yang bisa Bunda lakukan.

1. Jangan merokok

Apabila Bunda tidak ingin memiliki keriput lebih cepat, maka, jangan merokok! Merokok bisa mempercepat proses penuaan normal kulit Bunda. Dimana di dalamĀ  rokok terdapat nikotin yang dapat menyembabkan penyempitan pembuluh darah di lapisan terluar kulit Bunda. Hal tersebut bisa mengganggu aliran darah ke kulit, sehingga hanya sedikit aliran darah ke kulit, menyebabkan kulit Bunda tidak mendapatkan oksigen dan nutrisi penting yang cukup.

Bahan kimia dalam asap tembakau juga bisa merusak kolagen dan elastin kulit, yang mengakibatkan kulit akan memiliki keriput lebih cepat karena merokok. Nah, Merokok bahkan tidak hanya menyebabkan keriput pada wajah, namun juga pada bagian lain pada tubuh, termasuk bagian lengan dalam Bunda. Biasanya, perubahan kulit ini terjadi setelah seseorang merokok 10 tahun.

2. Rajin makan makanan yang mengandung antioksidan

Antioksidan merupakan molekul yang mampu melindungi kulit dari radikal bebas yang bisa merusak kulit. Antioksidan memiliki kemampuan dalam merangsang produksi kolagen kulit. Kolagen merupakan bagian penting dari struktur dan proses peremajaan kulit. Sehingga salah satu cara untuk tetap awet muda adalah dengan perbanyak konsumsi antioksidan, seperti buah, sayur, kacang-kacangan, biji-bijian termasuk kacang merah, blueberry, minyak nabati, ikan, dan lain-lain.

3. Perbanyak protein

Selain antioksidan, konsumsi protein juga bisa membantu tubuh Bunda membangun dan mempertahankan massa otot. Makanan yang mengandung protein tinggi bermanfaat untuk menghasilkan kolagen pada kulit tubuh. Beberapa makanan yang mengandung protein tinggi di antaranya adalah salmon, telur, tahu, dan lain-lain.

4. Kelola stres Bunda

Studi di tahun 2013 telah menemukan bahwa sel-sel kulit orang yang mengalami depresi berusia lebih cepat dibandingkan dengan mereka yang tidak mengalami depresi. Dimana Stres kronis bisa mempercepat proses penuaan dini dengan memperpendek DNA umurĀ  bunda. Panjang telomere adalah penanda penuaan biologis dan sel-sel kulit Bunda.

Jadi, apabila Bunda ingin mencegan penuaan dini, maka Bunda harus bisa mengelola stres Bunda. Beberapa cara yang bisa Bunda lakukan diantaranya adalah dengan berjalan-jalan, belanja, yoga, olahraga, bernyanyi, atau melakukan hal yang membuat Bunda senang.

5. Selalu cuci muka sebelum tidur

Meskipun sepele, kebiasaan ini bisa membantu kulit Bunda beregenerasi saat tidur. Jadi, jangan sampai lupa untuk mencuci wajah Bunda sebelum tidur, terlebih setelah Bunda beraktivitas di luar ruangan atau menggunakan make up di wajah.

6. Pakai tabir surya

Bunda pasti sudah mengetahui bahwa paparan sinar matahari bisa berkontribusi pada perubahan warna kulit. Jadi, jangan lupa untuk menggunakan tabir surya saat Bunda beraktivitas di luar ruangan. Studi tahun 2013 di Annals of Internal Medicine menemukan bahwa orang-orang yang menggunakan tabir surya (sunblock atau sunscreen) tiga sampai empat hari dalam seminggu cenderung tidak mengalami penuaan kulit dibandingkan dengan mereka yang tidak menggunakannya.

7. Perbanyak minum air putih

Konsumsi air yang cukup bisa menjaga kulit Bunda tetap terhidrasi. Hilangnya hidrasi kulit bisa menyebabkan kulit menjadi kering dan rentan terhadap kerutan. Air juga sangat penting dalam menjaga kelembapan kulit karena air bisa memberikan nutrisi penting ke sel kulit tubuh Bunda.

8. Tidur cukup (tidak kurang, tidak berlebihan)

Perawatan kulit sederhana yang bisa Bunda lakukan namun sering Bunda abaikan adalah tidur yang cukup. Setidaknya, Bunda dianjurkan untuk tidur 6 jam per hari agar bisa memudahkan melakukan tugasnya dalam meregenerasi kulit. Tidur cukup juga bisa mencegah munculya lingkaran hitam di bawah mata.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.