Blog
Spread the love

Tentunya, keguguran yang terjadi pada sejumlah perempuan menyisakan gejala dan juga tanda-tanda akan terjadinya keguguran. Akan tetapi, pertanda keguguran tersebut bukanlah indikasi seorang perempuan benar-benar mengalami keguguran. Ada kondisi tertentu yang menyebabkan seorang perempuan mengalami gejala-gejala keguguran.

Tentunya, apabila Bunda tengah hamil dan juga mengalami beberapa gejala seperti yang akan kami sebutkan di bawah ini. Hal yang mesti Bunda lakukan adalah dengan menghubungi bidan atau bisa juga dokter terdekat untuk mengecek apakah ada gejala keguguran dalam kehamilan Bunda. Berikut ini beberapa gejala yang menjadi awal adanya indikasi keguguran dalam kandungan Bunda, diantaranya:

1. Rasa kram

Kram yang kerap menyerang perempuan hamil tentunya bisa menjadi sebuah tanda akan terjadinya keguguran. Terlebih apabila rasa kram tersebut berada pada area bawah perut. Rasa kram tentunya disebabkan oleh peregangan pada otot ligamen. Namun, tidak semua rasa kram yang menyerang seorang perempuan bisa menjadi tanda terjadinya keguguran. Pada umumnya, rasa kram pada perut bisa lebih sakit apabila dibandingkan dengan siklus menstruasi setiap bulan. Rasa kram bisa menjadi tanda awal keguguran apabila disertai dengan pendarahan yang keluar dari vagina.

2. Pendarahan

Indikasi dan juga gejala keguguran bisa ditandai dengan adanya pendarahan yang terjadi secara tiba-tiba. Pendarahan tersebut bisa berupa bercak-bercak hingga darah yang berwarna merah. Namun, tidak semua tanda bercak darah yang keluar dari serviks menjadi gejala sebuah keguguran. Pendarahan yang terjadi pada awal kehamilan sangat beresiko tinggi terjadinya keguguran.

3. Nyeri area punggung

Selain kram, gejala awal terjadinya keguguran juga ditandai dengan adanya rasa nyeri pada area punggung. Rasa nyeri tersebut tentunya disertai dengan rasa kram pada area perut bagian bawah. Rasa nyeri pada area punggung juga bukan menjadi indikasi terjadinya keguguran. Namun, apabila disertai dengan pendarahan, maka Bunda harus waspada dan harus memeriksakan diri ke bidan dan juga dokter secepat mungkin.

4. Tidak adanya gejala kehamilan

Pada umumnya, seorang perempuan yang sedang hamil pasti akan mengalami gejala-gejala kehamilan seperti mual, muntah dan juga pusing. Akan tetapi, apabila gejala kehamilan tersebut hilang bahkan Bunda merasa sangat baik-baik saja. Tentunya, kondisi ini harus Bunda waspadai karena kemungkinan besar sedang terjadinya proses keguguran. Hal ini dikarenakan telah terjadinya keseimbangan hormon di dalam tubuh Bunda.

5. Hasil tes kehamilan berubah

Seorang perempuan yang dikatakan hamil tentunya memiliki hasil testpack yang positif. apabila tiba-tiba hasil yang ditunjukan tiba-tiba negatif, maka Bunda perlu waspada karena kemungkinan adanya gejala terjadinya keguguran. Segeralah cek ke bidan/dokter apabila Bunda mengalami hal tersebut.

6. Keluarnya cairan dari dalam vagina

Cairan di sini bentuknya bisa berupa cairan dan juga gumpalan darah yang tidak biasa. Keluarnya cairan ini bahkan tidak disadari oleh perempuan. Banyak yang mengira bahwa ia buang air kecil yang tidak tertahankan. Cairan yang keluar tersebut tentunya memiliki aroma yang sangat menyengat dan juga disertai dengan rasa yang gatal pada vagina.

Tentunya, apabila cairan tersebut keluar, maka akan berbentuk seperti jaringan janin berupa gumpalan darah berwarna keabu-abuan. Apabila kondisi tersebut Bunda alami, Bunda bisa menyimpan cairan tersebut di dalam wadah dan segera periksakan ke bidan atau bisa juga dokter terdekat.

Itulah beberapa gejala awal terjadinya keguguran yang harus Bunda kenali secepat mungkin. Bunda harus waspada apabila ditemukan salah satu gejala keguguran yang telah kami sebutkan di atas. Jangan menganggap remeh dan mengabaikan gejala tersebut karena hal tersebut menyangkut janin di dalam kandungan Bunda.

Sumber : bidanku

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.