7 Makanan Sehat Bagi Ibu Menyusui

7 Makanan Sehat Bagi Ibu Menyusui

Saat-saat menyusui merupakan saat dimana peran yang sangat penting bagi tumbuh kembang bayi. Karena itu, asupan nutrisi tidaklah mudah dan sembarangan. Ada beberapa jenis makanan sehat untuk ibu menyusui yang wajib untuk di konsumsi karena akan manfaat yang terkandung.Saat-saat menyusui merupakan saat dimana peran yang sangat penting bagi tumbuh kembang bayi. Karena itu, asupan nutrisi tidaklah mudah dan sembarangan. Ada beberapa jenis makanan sehat untuk ibu menyusui yang wajib untuk di konsumsi karena akan manfaat yang terkandung.

Sebagian ibu menyusui sangat membutuhkan banyak asupan nutrisi dari makanan, hingga 500 kalori untuk memastikan bahwa produk air susu tercukupi. Meski demikian, sebagian ibu menyusui juga tidak membutuhkan tambahan kalori untuk produk air susunya. Hal ini bisa tergantung dari berat badan sebelum hamil ataupun penambahan berat badan pada masa hamil, dan seberapa aktif kegiatan sang ibu.

Ibu menyusui tidak usah menururuti nafsu makan yang berlebihan. Biasakan makan hanya saat sudah terasa lapar. Pilih makanan sehat dan hindari menurunkan berat badan berlebihan pada masa ibu menyusui. Berikut sofeya rangkum beberapa jenis makanan sehat untuk ibu menyusui yang bernutrisi tinggi dan baik untuk produksi air susu :

1. Telur

Telur sebagai salah satu sumber protein yang tinggi,  merupakan pilihan mudah bagi ibu menyusui. Bila ingin menambah asam lemak esensial pada air susu ibu (ASI), maka pilih telur yang difortifikasi DHA. Sabilan telur rebus ataupun telur orak arik untuk sarapan ibu.

2. Salmon

Ikan salmon merupakan salah satu sumber DHA yang baik untuk perkembangan sistem saraf bayi. Tingkat DHA dalam ASI tergantung dari jenis makanan yang dikonsumsi oleh ibu menyusui. Selain itu, DHA dalam salmon juga disebutkan dalam suatu penelitian, dimana mampu mencegah depresi setelah proses melahirkan. Namun tetap batasi konsumsi salmon hingga 12 ons per minggu, mengingat kemungkinan tabrakan merkuri pada sang bayi.

3. Beras coklat

Beras coklat mengandung lebih banyak serat dan nutrisi, sehingga dapat mempertahankan rasa kenyang lebih lama bagi ibu menyusui. Beras jenis ini juga tidak akan membuat tingkat gula darah naik drastis setelah mengonsumsinya, bila dibandingkan dengan beras putih.

4. Sayuran hijau

Sayuran hijau seperti bayam dan juga brokoli, yang rendah kalori dan kaya kandungan vitamin A bersifat baik untuk bayi dan ibu menyusui. Sayur hijau juga baik untuk dikonsumsi sejak kehamilan. Selain itu, sayuran tersebut juga kaya kalsium, vitamin C, zat besi dan antioksidan yang membantu bagi kesehatan jantung.

5. Susu

ASI yang tinggi kandungan kalsiumnya akan membantu perkembangan tulang sang bayi, sekaligus kebutuhan tubuh ibu menyusui. Susu merupakan salah satu sumber kalsium yang tinggi dan juga baik. Selain itu, susu juga mengandung vitamin D, protein, dan juga vitamin B.  Tiga cangkir susu per hari akan memenuhi kebutuhan ibu menyusui. Bila ibu menyusui tidak suka dengan susu, coba mengonsumsi yoghurt yang juga banyak mengandung akan kalsium dan protein.

6. Kurma

Kurma merupakan salah satu camilan manis yang kaya kandungan kalsium, dimana dapat mendorong produksi ASI. Kandungan seratnya juga sangat baik untuk ibu menyusui. Kurma juga bermanfaat dikonsumsi sejak masa kehamilan. Selain itu, ibu menyusui juga dapat mengonsumsi kacang almond sebagai sumber kalsium.

7. Jeruk

Buah ini sangat cocok untuk tambahan energi ibu menyusui, dengan kandungan vitamin C tinggi yang penting. Jus jeruk yang sudah difortifikasi kalsium dapat menjadi pilihan minuman yang bernutrisi untuk ibu menyusui.

Beragam pilihan makanan di atas dapat menjadi alternatif asupan bermanfaaat bagi ibu menyusui. Disarankan tetap teliti dalam memilih makanan sehat untuk ibu menyusui, agar tumbuh kembang bayi optimal.

Nah bunda dari beberapa makanan diatas yang sofeya rangkum semoga dapat membantu bunda dalam menambah produksi air susu bunda dan kesehatan bunda. Dan buat bunda yang ingin tampil tetap cantik saat menyusui kini sofeya tersedia gamis ibu menyusui.

Apa saja kelebihan dari gamis ibu menyusui ini yaitu gamis menyusui dari sofeya ini memiliki akses lubang rahasia, tampilan yang elegan, bahan adem, wudhu friendly dan juga bisa digunakan dalam jangka panjang walaupun bunda sudah tidak lagi menyusui.

Ingin tahu produk dari sofeya silahkan klik Gamis Menyusui

Sofeya ID / Gamis Menyusui / Khimar Syar’i / Gamis Ibu Menyusui / 7 Makanan Sehat Bagi Ibu Menyusui

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *