Bayi Terlilit Tali Pusar Dalam Kandungan, Seberapa Fatalkah Sebenarnya ?

Bayi Terlilit Tali Pusar Dalam Kandungan, Seberapa Fatalkah Sebenarnya ?

Bayi terlilit tali pusar atau nuchal cord merupakan salah satu masalah yang sering terjadi pada kandungan. Kondisi ini mengkhawatirkan karena dalam beberapa kasus, leher bayi dapat tercekik tali pusarnya sendiri. Namun begitu, bayi terlilit tali pusar mungkin juga tidak sangat berbahaya seperti yang Bunda bayangkan selama ini. Ingin mengetahui lebih lanjut mengenai bayi terlilit tali pusar? Simak di sini.

Apakah bayi terlilit tali pusar umum terjadi?

Tali pusar berfungsi untuk mengantarkan nutrisi dan oksigen dari ibu ke bayi sehingga bayi dapat bertahan hidup dalam kandungan. Adanya masalah pada tali pusar saat kehamilan dapat mengganggu nutrisi dan oksigen yang diterima bayi, sehingga mengakibatkan perkembangan dan pertumbuhan bayi dapat terganggu.

Tali pusar harus dalam keadaan utuh dan baik saat bayi dilahirkan, sehingga bayi masih menerima oksigen sampai bayi bernapas melalui hidungnya. Setelah lahir, setidaknya 2 menit setelah kelahiran, tali pusar boleh dipotong, sehingga bayi kemudian menerima oksigen dari hidung.

Terkadang, tali pusar melilit bagian leher bayi. Kondisi ini dapat terjadi sekitar 20-30% dari kelahiran atau sekitar satu dari tiga bayi mengalami terlilit tali pusar. Tidak hanya pada bagian leher, tali pusar juga dapat melilit anggota badan bayi lainnya. Dalam kandungan, tali pusar yang melilit bayi mungkin tidak menjadi masalah karena tali pusar mengapung dalam cairan ketuban.

Namun, saat bayi akan dilahirkan dan tali pusar melilit bayi, ini mungkin dapat menjadi masalah. Tali pusar dapat melilit leher bayi dan tertekan saat bayi dilahirkan. Sehingga, hal ini kemudian dapat mengurangi oksigen dan nutrisi yang diterima bayi.

Mengapa bayi dapat terlilit tali pusarnya sendiri?

Dilansir dari Babypedia, bayi terlilit tali pusar dapat disebabkan karena bayi terlalu aktif bergerak dalam kandungan. Terlilit tali pusar cenderung terjadi pada bayi yang memiliki tali pusar lebih panjang dibandingkan tali pusar rata-rata. Meski inilah yang biasanya terjadi, tali pusar yang panjang belum terbukti sebagai penyebab sebenarnya dari nuchal cord.

Sebenarnya, sebanyak apa pun bayi bergerak dalam kandungan, lilitan tali pusar tidak akan membahayakan bayi. Tali pusar yang sehat dilapisi oleh jelly yang disebut Wharton’s jelly. Jelly ini berfungsi untuk menjaga agar tali pusar tidak terpengaruh oleh tekanan pembuluh darah, sehingga tekanan ini tidak akan memengaruhi bayi. Karena itu, secara teknis bayi Bunda sebenarnya tidak tercekik, hanya dilingkari saja oleh tali pusar.

Apakah kalau bayi terlilit tali pusar harus dilahirkan lewat operasi caesar?

Banyak orang mengira bahwa bayi yang terlilit tali pusar hanya dapat dilahirkan lewat operasi caesar, tapi ternyata tidak juga.

Seberapa besar bahaya bayi terlilit tali pusar tergantung dari berapa banyak jumlah lilitan tali pusar pada bayi. Jika lilitan tali pusar hanya satu lingkaran pada leher bayi, ini mungkin tidak menjadi masalah serius. Kelahiran normal pun mungkin masih dapat dilakukan sesuai rencana awal.

Tali pusar mungkin sedikit tertekan saat bayi dilahirkan. Namun, begitu kepala bayi keluar dari vagina, dokter atau bidan dapat segera melepaskan lilitan tali pusar dari leher bayi. Sehingga, melahirkan normal pada situasi ini mungkin tidak membahayakan bayi.

Namun, mungkin akan berbeda penanganan jika banyak tali pusar yang melilit bayi. Jika tali pusar banyak melilit sekitar leher atau anggota badan bayi lainnya, ini dapat menjadi masalah serius. Terlebih jika hal ini sampai menyebabkan detak jantung bayi melemah dan aliran darah dari ibu ke bayi terganggu. Operasi caesar mungkin butuh dilakukan agar komplikasi tidak terjadi dan bayi dapat dilahirkan dengan selamat.

Bayi terlilit tali pusar belum tentu berbahaya

Jadi, bayi terlilit tali pusat dapat jadi bahaya tapi dapat jadi juga tidak bahaya. Ini tergantung bagaimana kondisi tali pusar yang melilit bayi. Apakah banyak tali pusar yang melilit bayi? Apakah tali pusar sangat kencang melilit leher bayi sampai mencekiknya dan membuat detak jantungnya melemah? Atau malah tali pusar sangat longgar melilit bayi sehingga mudah untuk dilepaskan?

Jangan khawatir, umumnya lilitan tali pusar tidak membahayakan nyawa bayi. Kebanyakan masalah ini dapat ditangani dengan baik dan jarang menimbulkan komplikasi serius. Yang terpenting, masalah ini dapat ditangani dengan tepat dan cepat. Karena itu, penting bagi Bunda untuk rajin kontrol ke dokter untuk memantau kondisi si buah hati.

Mau tampil cantik saat menyusui. Gamis Menyusui  & Khimar Syar’i dari sofeya solusinya. Oh Iya bund sofeya punya kabar baik untuk bunda sholehah, yaitu promo khimar atau sale price hingga 40 PERSEN Kunjungi : www.sofeya.id

Mau tahu cara pemesanannya secara online silahkan klik Tata Cara Order Di Website

Sofeya Gamis Menyusui / Khimar Syar’i / Gamis Ibu Menyusui / Bayi Terlilit Tali Pusar Dalam Kandungan, Seberapa Fatalkah Sebenarnya ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *