Perlu Anda Ketahui Bun, Inilah Posisi Tidur Yang Baik Untuk Ibu Hamil

Perlu Anda Ketahui Bun, Inilah Posisi Tidur Yang Baik Untuk Ibu Hamil

Posisi tidur yang salah pada ibu hamil dapat mengundang berbagai masalah kesehatan, seperti pembengkakan kaki, nyeri otot, mendengkur, penurunan tekanan darah, atau justru meningkatnya tekanan darah.

Berikut beberapa informasi seputar posisi tidur ibu hamil yang direkomendasikan.

Hindari Telentang

Setelah memasuki usia kehamilan trimester kedua, terutama setelah bulan kelima, ibu hamil dianjurkan untuk tidak tidur dalam posisi telentang. Tekanan pada pembuluh darah utama dan vena cava inferior dapat meningkat bila ibu hamil tidur dalam posisi telentang. Tekanan ini dapat menghambat peredaran darah ke tubuh ibu, termasuk ke janin.

Vena cava inferior yang tertekan juga dapat memicu pembengkakan pada bagian tubuh atau edema. Vena cava inferior adalah pembuluh balik besar bawah yang terletak di belakang perut bagian bawah. Tugasnya adalah membawa darah kotor dari tubuh bagian bawah ke jantung.

Baca juga : Beberapa Langkah Persiapan MENYUSUI SEJAK KEHAMILAN

Menyamping ke Kiri

Sebagian ahli menganjurkan ibu hamil untuk tidur dalam posisi menyamping ke kiri. Hal ini bertujuan memperlancar sirkulasi darah, baik yang menuju jantung maupun yang menuju ke rahim, janin, dan ginjal. Selain itu, posisi menyamping ke kiri membuat bagian abdomen atau perut lebih nyaman dan tidak menekan organ hati yang terletak di sisi kanan. Posisi tidur menyamping ke kiri juga dapat mengurangi pembengkakan pada pergelangan kaki, kaki, dan tangan. Hal itu karena posisi tersebut membantu ginjal bekerja lebih leluasa dalam membersihkan zat sisa dan cairan dari tubuh. Bila ginjal menahan cairan dan zat sisa, ibu hamil dapat mengalami edema.

Namun, sebagian ahli menyatakan tidak perlu memusingkan mengenai posisi tidur yang sehat, masing-masing ibu hamil disarankan untuk memilih posisi yang terasa nyaman.

Baca Selengkapnya :  Pakaian Yang Nyaman Dan Tetap Cantik Saat Menyusui Untuk Anda

Gunakan Bantal

Bantal dapat membantu menjadikan posisi tidur ibu hamil terasa lebih nyaman. Bila ibu hamil merasa sesak napas atau bernapas pendek, letakkan bantal di bawah sisi samping tubuh untuk menaikkan posisi dada. Bila ibu hamil merasakan sakit pada ulu hati, letakkan beberapa bantal di bagian kepala agar posisi badan bagian atas menjadi lebih tinggi. Ibu hamil dapat tidur dalam posisi setengah duduk untuk membantu asam lambung tidak naik. Sementara itu, untuk menyangga tubuh tetap dalam posisi menyamping ke kiri, Bunda dapat mengganjal dengan bantal di bagian perut dan punggung. Bantal khusus ibu hamil juga dapat digunakan untuk membuat tidur menjadi lebih nyaman.

Wajar bila ibu hamil sulit untuk tidur nyenyak di malam hari karena dapat mengalami berbagai gangguan, seperti kerap terbangun di malam hari akibat sering buang air kecil, merasa sesak napas, jantung terasa berdebar karena meningkatnya detak jantung, sakit punggung dan kram kaki, serta konstipasi, dan rasa sakit di ulu hati. Selain itu, stres juga dapat membuat ibu hamil sulit tidur. Untuk membantu kualitas tidur di malam hari, beberapa langkah berikut mungkin dapat membantu.

  • Bangunlah rutinitas tidur dan bangun tidur di waktu yang sama tiap hari.
  • Hindari melakukan olahraga yang berat saat mendekati waktu tidur.
  • Lakukan relaksasi sebelum tidur, seperti minum susu hangat dicampur madu.
  • Hindari minum teh, kopi, atau minuman bersoda karena pada umumnya mengandung kafein.
  • Ikuti senam hamil secara rutin. Selain dapat membuat tubuh lebih bugar, pertemuan dengan sesama ibu hamil dapat menjadi kesempatan berbagi cerita dan mengurangi kecemasan.
  • Jika mengalami kram pada kaki hingga jadi terbangun dari tidur, coba sandarkan kaki ke dinding dan tekan dengan keras untuk mengurangi kram.

Selain memerhatikan posisi tidur ibu hamil yang nyaman, pastikan kebutuhan kalsium tercukupi untuk mengurangi kram pada kaki. Selain itu, berbagai nutrisi penting lain yang dapat didapat dari sayuran, buah, dan susu juga perlu dikonsumsi secara seimbang. Rutin memeriksakan kehamilan di dokter kandungan juga diperlukan untuk memantau kondisi kesehatan ibu dan janin.

Nah bunda dari beberapa tips yang sofeya rangkum semoga dapat memberikan informasi tentang posisi tidur yang baik untuk ibu hamil. Dan buat bunda yang ingin tampil tetap cantik saat menyusui kini sofeya tersedia gamis ibu menyusui. Gamis ini bisa bunda pakai saat hamil, menyusui ataupun untuk harian bahkan ke acara resmi sekalipun.

Apa saja kelebihan dari gamis ibu menyusui ini yaitu gamis menyusui dari sofeya ini memiliki akses lubang rahasia sehingga payudara bunda tidak akan terlihat saat menyusui si kecil, tampilan yang elegan, bahan adem, wudhu friendly dan juga bisa digunakan dalam jangka panjang walaupun bunda sudah tidak lagi menyusui.

Ingin tahu produk dari sofeya silahkan klik Gamis Menyusui

Ingin tahu cara pemesanannya secara online silahkan klik Cara Pemesanan

Sofeya ID / Gamis Menyusui / Khimar Syar’i / Gamis Ibu Menyusui /Perlu Anda Ketahui Bun, Inilah Posisi Tidur Yang Baik Untuk Ibu Hamil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *