Ibu Hamil Dan Menyusui

Tahukah Anda Jenis Stimulasi yang Perlu Diberikan Pada Janin, Sesuai Usia Kehamilan

Posted On Oktober 25, 2017 at 8:49 am by / No Comments

Tahukah Bunda bahwa si kecil yang belum lahir menganggap bahwa rahim Bunda adalah “taman bermain” sensoris (berhubungan dengan fungsi pancaindera) untuknya. Di usia kehamilan 10 minggu, bayi Bunda sudah dapat menggerakan tungkai (seluruh kakinya dari pangkal paha ke bawah). Dan yang paling menakjubkan, pada usia kehamilan ke 23 minggu, janin sudah dapat mendengar suara Bunda atau suara lain yang ia dengar dari luar rahim, bahkan merespon apa yang dia dengar dengan cara bergerak. Lalu, apa yang harus Bunda lakukan? Apakah ini waktu yang tepat memberikan stimulasi janin?

Janin sudah dapat mendengar sangat jelas pada usia 20 minggu kehamilan

Menurut sejumlah penelitian seperti yang dilansir WebMD, Bunda dapat membantu perkembangan otak si kecil yang ada di dalam sana dengan berinteraksi, termasuk berbicara dan bernyanyi. Hanya dengan membaca cerita, bermain musik, atau bahkan hanya berbicara dengan si jabang bayi, Bunda sudah mengajarinya tentang “proses belajar” dan hal ini dapat membantu perkembangan otak janin.

Sebenarnya, fungsi pendengaran bayi Bunda akan sempurna baru di trimester ketiga. Namun, menurut penelitian anak Bunda yang belum lahir dapat mendengar suara sejak usia kehamilan Bunda menginjak 20 minggu. Bahkan janin akan “kaget” ketika mendengar suara keras di usia 25 minggu kehamilan. Suara yang sangat keras dapat menyebabkan perubahan pada denyut jantung dan gerakan bayi.

Menurut Robert Abrams, fisiolog janin di departemen kebidanan dan ginekologi di University of Florida mengatakan bahwa meskipun suara dari luar tubuh Bunda sedikit teredam, namun janin masih dapat mendengarnya dengan sangat baik.

Menurut Dr. Rene Van de Carr, seorang dokter kandungan di California mengatakan bahwa melakukan stimulasi janin seperti memperdengarkan musik pada janin tidak hanya dapat meningkatkan perkembangan otak namun juga dapat meningkatkan koneksi antar saraf di otak. Namun, tentu tidak akan berpengaruh pada pintar atau tidaknya si kecil kelak.

Bunda dapat melakukannya dua kali sehari dengan durasi waktu lima sampai sepuluh menit. Lalu, apakah harus musik klasik? Menurut Janet Dipietro, seorang psikolog yang mempelajari perkembangan janin di Johns Hopkins University, Bunda tidak harus menggunakan musik klasik untuk melakukan stimulasi janin. Lebih baik lagi, Bunda memperdengarkan musik yang beragam pada si kecil. Jadi, jika Bunda bertanya kapan saya dapat melakukan stimulasi pendengaran pada janin, Bunda dapat melakukan stimulasi janin seperti memperdengarkan musik pada usia ke 20 atau 25 minggu kehamilan.

Kapan janin dapat merasakan sentuhan, bau, dan rasa?

Bayi Bunda sebenarnya sudah dapat merasakan sentuhan pada saat usia kehamilan 9 minggu. Janin akan merespon saat bibir atau daerah di sekitar mulutnya Bunda sentuh. Menurut Julie Mennella, seorang psikobiolog di Monell Chemical Senses Center di Philadelphia, janin sudah dapat merasakan bau makanan yang Bunda makan pada bulan ke empat kehamilan melalui cairan amnion. Melalui cairan ini juga bayi dapat mengenali bau Bunda sebagai ibunya.

Pada trimester ke tiga, bayi sudah dapat mengetahui rasa pahit, manis, dan asam dan jika Bunda penggemar salah satu rasa dalam makanan, hal ini dapat memengaruhi selera makan anak nanti setelah lahir dan dewasa.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ibu hamil yang menyukai makanan yang beragam, semakin besar kemungkinannya si anak juga akan menyukai makanan yang beragam. Jadi, Bunda dapat melakukan stimulasi janin soal rasa dan bau sejak usia 9 minggu kehamilan.

Gerakan yang dibuat oleh janin pada saat ada di dalam kandungan sebenarnya berpengaruh pada perubahan emosional bayi Bunda. Apakah Bunda tahu kenapa bayi dapat lebih tenang saat digendong dan diayunkan-ayunkan di tangan Bunda, dibandingkan dibiarkan di tempat tidur? Hal ini sebenarnya terjadi secara alami sejak ia ada di dalam kandungan.

Hal ini menjelaskan kenapa ia banyak aktif bergerak di malam hari dan lebih banyak diam di siang hari saat Bunda sedang beraktivitas karena saat Bunda sedang aktif bergerak, si kecil merasa nyaman dengan gerak yang Bunda lakukan.

Janin juga dapat merasakan stimulasi cahaya pada usia kehamilan ini

Penglihatan bayi akan sempurna mendekati hari kelahiran, namun prosesnya sendiri sudah terbentuk sejak awal kehamilan. Kantung matanya akan terbentuk pada lima minggu kehamilan Bunda. Pada bulan ke empat kehamilan, matanya sudah terbentuk. Kelopak mata janin akan terbuka pada usia kehamilan ketujuh, pada saat itu juga calon anak Bunda dapat membuka, menutup, atau bahkan memutar matanya. Menstimulasi janin dengan memberi cahaya terang dapat menembus rahim dan membuat janin Bunda lebih aktif.

Mau tampil cantik saat menyusui. Gamis Menyusui  & Khimar Syar’i dari sofeya solusinya. Oh Iya bund sofeya punya kabar baik untuk bunda sholehah, yaitu promo khimar atau sale price hingga 40 persen Kunjungi : www.sofeya.id

Mau tahu cara pemesanannya secara online silahkan klik Tata Cara Order Di Website

Sofeya Gamis Menyusui / Khimar Syar’i / Gamis Ibu Menyusui / Tahukah Anda Jenis Stimulasi yang Perlu Diberikan Pada Janin, Sesuai Usia Kehamilan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.