Blog
Spread the love

Pastinya Bunda sudah sering melihat orang hamil. Yang paling terlihat dari ibu hamil adalah perutnya yang besar. Tapi, tidak jarang juga Bunda menemukan perut ibu hamil kecil dibandingkan dengan ibu hamil lainnya. Mengapa hal ini bisa terjadi? Dan, apakah ini normal?

Mengapa perut saya lebih kecil dibanding ibu hamil lainnya?

Besar perut ibu hamil bisa berbeda, ada yang besar sekali dan juga ada yang tidak terlihat bahwa ia sedang hamil. Jadi, Bunda tidak perlu membandingkan antar ibu hamil. Sebenarnya, tidak ada ukuran pasti berapa seharusnya besar perut ibu hamil dan ukuran perut ibu hamil ini tidak selamanya menunjukkan berat janin Bunda.

Perut ibu hamil kecil biasanya disebabkan oleh hal-hal berikut ini.

Merupakan kehamilan pertama Bunda. Pada umumnya, ibu yang baru pertama kali hamil akan menunjukkan pembesaran perutnya lebih lambat. Hal ini karena otot-otot perut ibu masih sangat kencang dan belum pernah melebar sebelumnya. Sehingga, ibu baru mungkin akan menunjukkan perut yang lebih kecil.

Tinggi badan ibu. Wanita yang tinggi atau yang mempunyai sumbu tubuh yang panjang juga lebih sering memiliki perut yang kecil. Hal ini disebabkan karena mereka lebih banyak memiliki ruang untuk bayi mereka untuk berkembang dan memanjang. Sehingga, perut ibu tidak didorong jauh ke depan.

Posisi bayi. Bagaimana posisi bayi Bunda di dalam rahim turut memengaruhi bagaimana perut Bunda terlihat. Pergerakan bayi dalam rahim bisa mengubah bentuk perut Bunda, bisa terlihat lebih kecil atau lebih besar. Pergerakan bayi dan perubahan posisi bayi secara teratur biasanya meningkat pada usia kehamilan 32-34 minggu.

Rahim menggeser usus. Rahim yang terus membesar bisa mendorong usus Bunda ke atas dan ke belakang. Hal ini membuat perut Bunda terlihat lebih kecil. Berbeda jika usus didorong di sekitar sisi rahim, ini akan membuat perut ibu hamil terlihat lebih bulat dan lebih besar.

Jumlah janin yang ada di rahim ibu. Tentunya, perut ibu akan terlihat lebih besar jika ia sedang mengandung anak kembar. Sedangkan, ibu hamil yang mengandung satu anak tentu perutnya akan terlihat lebih kecil.

Jumlah cairan ketuban. Jumlah cairan ketuban juga bisa memengaruhi besar perut ibu hamil. Cairan ketuban yang berjumlah lebih banyak tentu membuat perut ibu hamil terlihat lebih besar. Sedangkan, cairan ketuban yang lebih sedikit membuat perut ibu hamil lebih kecil.

Perut ibu hamil kecil, apakah normal?

Bunda tidak perlu khawatir tentang perut yang kecil selama kehamilan. Selagi dokter Bunda mengatakan bayi Bunda berkembang dengan baik di dalam kandungan dan berat badan Bunda berada dalam rentang yang normal, perut ibu hamil kecil adalah hal yang normal. Tidak selamanya perut Bunda yang kecil menunjukkan bahwa bayi Bunda tidak normal atau ukuran bayi Bunda kecil.

Dokter akan memeriksa kondisi kehamilan Bunda setiap Bunda melakukan pemeriksaan kehamilan. Pada trimester pertama, dokter biasanya akan melakukan pemeriksaan panggul untuk mengetahui ukuran rahim Bunda yang tumbuh dan melakukan USG untuk melihat sudah seberapa besar bayi Bunda. Biasanya, Bunda baru akan melihat tonjolan perut Bunda pada usia kehamilan antara 12-16 minggu. Beberapa dari Bunda mungkin membutuhkan waktu lebih lama untuk melihat perut membesar.

Sofeya Gamis Menyusui / Khimar Syar’i / Gamis Ibu Menyusui /Kenapa Perut Saya Tidak Besar Ketika Hamil? 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.