Blog

Pasti anda sering mendengar bahwa ibu menyusui makan ikan dapat membuat ASI-nya bau amis. Pernyataan tersebut tidaklah benar. Jadi, jangan sampai anda menganggap hal tersebut membuat Anda menghindari Seafood.

Padahal, makan ikan atau seafood saat menyusui sebenarnya sangat bermanfaat bagi ibu dan bayi lo bund…. Mau tahu apa manfaat dari ikan tersebut ….!!!

Manfaat Makan Seafood Saat Anda Menyusui

Mitos bahwa dengan makan ikan saat menyusui buat ASI Anda bau amis ini sudah tidak perlu untuk di percaya. Bahkan, ilmu kedokteran membuktikan bahwa dengan membatasi makanan tertentu selama kehamilan dapat menyebabkan anak kekurangan nutrisi parenting yang sangat diperlukan untuk pertumbuhannya.

Di dalam ikan terkandung banyak nutrisi untuk bayi yang sangat penting, seperti protein, kalsium dan asam lemak omega-3. Dimana protein berguna untuk perbaikan sel-sel tubuh, Kalsium berguna untuk membantu perkembangan tulang dan Lemak Omega-3 ini untuk perkembangan otak si kecil. Selain itu juga berfungsi untuk melindungi kesehatan jantung anak.

Tidak hanya itu, ikan atau seafood juga termasuk makanan rendah lemak, beda degan daging-dagingan yang mengandung banyak lemak. Sehingga, ikan bisa menjadi sumber protein yang cocok untuk Anda dan sangat baik tanpa perlu Anda khawatirkan asupan lemak berlebih.

Rekomendasi Konsumsi Seafood Saat Menyusui

Nah bunda, ini sangat disarankan untuk meningkatkan konsumsi ikan dan seafood setiap minggunya, setidaknya 8-12 ons ikan dalam setiap minggunya. Ini bisa seperti 2 sampai 3 porsi ikan dalam setiap minggunya. Konsumsilah berbagai jenis ikan sehingga anda bisa mendapatkan gizi yang lebih tinggi.

Jangan Sembarang Konsumsi Ikan

Walaupun ikan memang bermanfaat bagi ibu hamil dan menyusui karena gizinya, namun jangan lah sembarang dalam mengonsumsi ikan ya bund. Kenapa?Hal tersebut dikarenakan ada beberapa ikan dan kerang yang punya kandungan merkuri yang tinggi. Kandungan merkuri yang tinggi sangat berbahaya karena mengganggu perkembangan sisten saraf anak anda.

Resiko dari ikan atau kerang yang mengandung merkuri tergantung dari jumlah yang Anda makan. Beberapa ikan dengan kandungan merkuri tinggi ialah hiu, todak, king, mackerel hingga  ikan tile. Maka dari jenis ikan tersebut Anda perlu hindari dalam mengkonsumsinya.

Sementara, ikan dengan kandungan merkuri yang rendah seperti ikan salmon, dan ikan tuna. Anda masih boleh mengonsumsi jenis ikan tersebut. Tidak perlu Anda khawatirkan tentang kandungan merkuri rendah.

Bagaiman dengan konsumsi ikan yang mentah seperti pecinta makanan khas jepang sushi? Ibu hamil tidak disarankan untuk konsumsi ikan tersebut karena ikan mentah pasti memiliki bakteri yang membahayakan bagi si kecil.

Nah demikian yang bisa SOFEYA berikan mengenai Mitos Makan Ikan Selama Menyusui, Semoga dapat membantu untuk pengetahuan Anda dan bermanfaat.

Tidak lupa bagi anda yang sedang mencari gamis menyusui untuk menambah kecantikan Anda selama menyusui. SOFEYA hadirkan gamis menyusui dengan kesan model yang kekinian dengan mengunjungi Gamis Menyusui Sofeya.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.