Ibu Hamil Dan Menyusui

Ternyata Inilah Menjaga Kehamilan Tetap Sehat Walau Sudah Berusia 40 Tahun

Posted On April 26, 2018 at 1:40 pm by / No Comments

Sudah tidak mungkin hamil di usia 40 tahun, namun mungkin prosesnya tidak akan semudah anda yang hamil di usia muda. Karena, hamil di usia yang tua membuat wanita lebih meningkatkan resiko selama kehamilan. Walau demikian, jangan membuat anda menjadi pesimis dan menyerah. Ternyata anda bisa tetap menjalani kehamilan dan melahirkan anak secara sehat meski usia sudah 40 tahunan, namun anda harus menjaga kehamilan anda dengan sebaik mungkin, berikut tipsnya.

1. Lakukan pemeriksaan kehamilan secara rutin atau dengan ANC ( antenatal care)

ANC adalah pemeriksaan kehamilan yang bermanfaat pengoptimalan kesehatan mental dan fisik dari ibu hamil. Alasan ini bertujuan agar ibu hamil dapat menghadapi persalinan, masa nifas, bahkan masa pemberian ASI Eksklusif, serta regenerasi kesehatan reproduksi dengan baik.

Pemeriksaan ini bisa dilakukan secara fisik, pemeriksaan darah ataupun dengan USG dimana anda mengetahui masalah apa yang bisa muncul selama kehamilan. Anda bisa mendiskusikan dengan dokter apakah anda memiliki diabetes atau tiroid yang dapat pengaruhi kehamilan Anda.

2. Minum suplemen khusus

Sewaktu anda memasuki masa kehamilan, maka kebutuhan gizi sangat meningkat. Banyak ibu hamil yang tidak pernah bisa memenuhi gizinya dengan baik, yang berakibat akan kekurangan vitamin dan mineral. Tentu ini sangat berpengaruh di kesehatan janin atau ibu.

Maka ibu hamil yang sudah 40 tahun sangat memerlukan banyak gizi agar semuanya terpenuhi dengan baik.

3. Istirahat yang cukup

Menurut Spesialis perinatal genetik women and infans hospital, wanita yang hamil di usia 40 tahuanan harus peka terhadap tubuhnya. Apalagi wanita usia 40 tahun harus lebih peka dalam beraktivitas, sehingga cenderung ingin terus melakukan sesuatu dengan sendiri.

Dengan istirahat yang cukup, ini dapat menjadi hal yang sangat bijak karena dapat mengembalikan tenaga setelah beraktivitas.

4. Makanan yang bergizi

Selama hamil anda sangat memerlukan makanan yang memiliki banyak gizi dan nutrisi agar terjaga baik. Asupan makanan yang tidak tepat bisa membuat ibu hamil tidak dapat terpenuhi untuk gizinya.

Oleh karena itu bisa anda coba dengan makanan yang bergizi, anda juga bisa mencoba dengan makanan seafood. Namun jangan terlalu banyak karena memiliki dampak tersendiri.

5. Kendalikan berat badan Anda

Banyak dokter yang menganjurkan kepada ibu hamil untuk menaikan berat badan hingga beberapa kilogram pada masa kehamilan. Anjuran tersebut tentu harus disesuaikan dengan kondisi ibu hamil karena dapat beresiko terhadap janin. Karena itu anda bisa konsultasi dengan dokter mengenai berat badan ideal saat hamil.

6. Hindari pola hidup tidak sehat

Memang kewajiban kita untuk menjaga pola hidup sehat, namun ibu hamil juga harus lebih peka dalam menjaga pola hidup sehat seperti harus menjauhi rokok minum alkohol dan hal yang lain.

Jagalah diri dari orang lain dimana membuat anda merasa pola hidup tidak sehat dengan menjauhi orang yang merokok di sekitar anda.

7. Melakukan Vaksin

Idealnya vaksin didapatkan oleh wanita sebelum masa kehamilan. Karena kondisi kehamilan membuat sistem kekebalan anda cenderung mengalami penurunan sehingga rentan terkena penyakit menular.

Nah bila anda terlambat vaksin sebelum hamil, maka anda bisa lakukan vaksin saat hamil. Hal ini sangat terbukti dalam tumbuh kembang bayi dalam kandungan anda. Vaksin yang aman untuk ibu hamil diantaranya hepatitis B, flu dan teatanus. Jadi segera konsultasikan dengan dokter anda.

Selama kehamilan tentu anda sangat memerlukan sesuatu yang menjadi pelengkap anda dalam kecantikan. Sofeya berikan solusi untuk anda dalam pakaian ibu hamil hingga gamis menyusui untuk anda yang sudah menyusui.

Segera dapatkan gamis menyusui sebelum anda kehilangan gaminya sekarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *