Anak

Meraih Benda Yang Menarik Perhatian Bayi Umur 3 Bulan

Posted On September 18, 2017 at 9:14 am by / No Comments

Bayi 3 bulan umumnya sudah bisa meraih apa pun di dekatnya yang menarik perhatian. Selain itu dia sudah memiliki kemampuan menggulingkan badannya saat sedang berbaring. Di satu sisi hal ini menyenangkan, namun bisa juga membahayakan bila tidak didampingi.

Bayi 3 bulan berjenis kelamin laki-laki umumnya berbobot 5,1-7,9 kilogram dengan panjang 57,6-65,3 cm. Sementara bayi perempuan berbobot 4,6-7,4 kilogram dengan panjang 55,8-63,8 cm. Kemampuan motoriknya kian berkembang, ditandai dengan kemampuannya meraih benda di dekatnya.

Kemampuan Motorik

Setelah pada usia 2 bulan ia masih mencoba, pada 3 bulan ini bayi sudah bisa menegakkan kepala dan dadanya saat ditengkurapkan. Posisi ini menjadi awal dirinya bisa membalikkan badan sendiri. Pada usia ini, bayi 3 bulan umumnya bisa:

  • Aktif bermain-main. Bayi 3 bulan menemukan mainan pertamanya, yaitu tangannya sendiri. Dia bisa memainkan jari-jari, mengamatinya, menyatukan kedua tangan bersama-sama, membuka tutup jari-jarinya, serta memasukkannya ke mulut.
  • Koordinasi tangan dan matanya terus berkembang. Kita bisa membantu melatihnya dengan memegang sebuah mainan dan lihat apakah dia bisa menjangkau mainan di tangan kita.
  • Bayi 3 bulan bisa menendang lebih kencang karena sendi lutut dan panggulnya makin fleksibel.
  • Dia mulai bisa meraba dan merasakan berbagai permukaan kasar, halus, berbulu, atau berongga. Dia juga mulai bisa menggenggam benda. Pada saat inilah kita bisa memberikan berbagai macam mainan seperti kerincingan ringan, cincin plastik atau karet, mainan dengan bunyi mencicit, atau boneka dari lembut.
  • Bisa meniru bila Bunda menjulurkan lidah, mengeluarkan suara dari mulutnya.

Pada akhir bulan ketiga ini, Bunda bisa jadi akan terkejut karena bayi mungkin sudah bisa bisa berguling atau membalikkan badan sendiri, baik dari kiri ke kanan atau sebaliknya. Sering-seringlah memuji dan menyemangatinya karena bisa jadi dia sendiri ketakutan dengan kemampuan barunya.

Kemampuan Bicara

Saat Bunda berbicara padanya, dia cenderung untuk langsung menatap Bunda dan bergumam seakan-akan ingin menjawab. Penelitian menemukan bahwa bayi yang sering diajak bicara nantinya akan memiliki perbendaharaan kata lebih banyak dan IQ lebih tinggi dibandingkan teman-teman sebayanya. Bunda bisa mengajaknya bicara sambil menunjuk benda-benda yang disebutkan di sekitar Bunda. Meski belum bisa mengerti, namun kata-kata itu akan terekam dalam ingatannya.

Kemampuan Sosial

Seiring perkembangan otaknya, bayi akan lebih bisa menyesuaikan diri terhadap dunia luar dan lebih sensitif terhadap perubahan di sekitarnya.

  • Dia bisa mengenali orang tua dan kerabat dekatnya, serta mengidentifikasi wajah baru. Dia juga mulai memiliki kecenderungan dengan siapa dia mau berinteraksi, sehingga dia akan memilih orang-orang yang biasa bersamanya sehari-hari.
  • Di tengah keramaian, dia bisa mencari dan mengenali wajah Bunda di antara orang-orang di sekelilingnya. Dia bisa tersenyum atau menggerak-gerakkan tangannya saat melihat Bunda datang.
  • Dia mulai berceloteh berusaha meniru suara dan ekspresi Bunda atau orang lain yang sedang mengajaknya bermain. Beberapa bayi bahkan bisa benar-benar seperti terlibat percakapan dengan orang lain.
  • Dia senang mengamati segala hal termasuk bayi lain dan binatang peliharaan, bahkan refleksi dirinya sendiri di cermin.

Upayakan untuk selalu merespons senyumannya, mengajaknya bicara, dan segera datang ketika dia menangis karena dengan begitu akan membuatnya tahu bahwa dia aman dan dicintai.

Dalam hal interaksi sosial, bayi akan merasa nyaman ketika Bunda memegang dan mendekapnya, terutama ketika dia sedang merasa terganggu, lelah, atau lapar. Hatinya akan senang berinteraksi dengan orang lain selama berada dalam gendongan atau pangkuan Bunda. Posisi ini membuatnya merasa nyaman sehingga tidak merasa terganggu dengan kehadiran orang-orang yang belum dia kenal di sekelilingnya.

Hal-hal Lain yang Perlu Diperhatikan

Jadwal tidur bayi 3 bulan lama-kelamaan mulai terlihat lebih stabil. Sebagian sudah bisa tidur tanpa terbangun sepanjang malam. Sedangkan di siang hari biasanya mereka akan mengalami dua fase tidur. Karena jam tidurnya sudah sedikit berkurang, dia akan terjaga lebih lama sehingga memiliki waktu lebih banyak untuk bermain. Sekitar usia 11 minggu, dia sudah punya ketertarikan akan satu benda dan enggan memilih benda lain sebagai mainannya.

Bunyi musik dengan nada tinggi dan beragam, serta suara orang-orang di sekitarnya bisa menarik perhatiannya. Memperdengarkan musik dan membacakan cerita dari buku dongeng bisa menambah perbendaharaan katanya.

Konsultasikan ke Dokter

Jika dirasa perlu, Bunda bisa mengonsultasikan kondisi di Kecil ke dokter, terutama bila pada usia 3 bulan dia:

  • Tidak bisa menegakkan kepalanya.
  • Tidak bisa memfokuskan penglihatannya ke obyek tertentu.
  • Tidak tersenyum.
  • Tidak bisa menggenggam benda.
  • Tidak merespons suara kencang.
  • Mengabaikan kehadiran wajah-wajah baru. Bahkan sering merasa tidak nyaman ketika berada di antara mereka.

Yang tidak kalah penting, karena sudah bisa meraih benda dan memasukkannya ke mulut, maka sebaiknya jauhkan si Kecil dari benda-benda yang berisiko membahayakan. Selain itu jangan tinggalkan dia sendirian ketika sedang bermain dengan benda di sekelilingnya. Kemampuannya bermain dan berinteraksi akan makin berkembang saat bayi 4 bulan.

Bagaimana bunda semoga artikel di atas bermanfaat buat bunda ya bund. 

Ingin tampil cantik saat menyusui dengan Gamis Menyusui  dari sofeya

Ingin tahu cara pemesanannya secara online silahkan klik Tata Cara Order Di Website

Sofeya ID / Gamis Menyusui / Khimar Syar’i / Gamis Ibu Menyusui /Meraih Benda Yang Menarik Perhatian Bayi Umur 3 Bulan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *