Ibu Hamil Dan Menyusui

Mitos Atau Fakta Menyusui Dapat Menyebabkan Osteoporosis?

Posted On Oktober 14, 2017 at 9:33 am by / No Comments

Tahukah Bunda bahwa ASI dibuat dari berbagai nutrisi yang ada pada tubuh ibu? Salah satu nutrisi yang dibutuhkan untuk membuat ASI adalah kalsium, di mana kalsium juga dibutuhkan untuk kepadatan tulang ibu. Kepadatan tulang yang menurun juga menyebabkan seorang ibu terkena osteoporosis di masa tuanya. Tapi, apa benar osteoporosis dan menyusui ini berhubungan?

Menyusui dan pengaruhnya pada kesehatan tulang

Menyusui bisa memengaruhi kesehatan tulang ibu. Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa ibu menyusui bisa kehilangan massa tulang sebanyak 3-5%. Tapi, massa tulang ibu menyusui akan kembali lagi setelah anak disapih atau diberi makanan padat.

Ibu menyusui membutuhkan asupan kalsium lebih tinggi karena ia membutuhkan nutrisi tersebut untuk membuat ASI. Jika kebutuhan kalsium ibu tidak bisa dipenuhi dari makanan maupun suplemen kalsium, maka tubuh ibu akan mengambil kalsium dari tulang ibu. Hal inilah yang menyebabkan ibu menyusui bisa kehilangan massa tulangnya. Sehingga, risiko ibu terkena osteoporosis di kemudian hari menjadi lebih besar. Selain itu, jumlah hormon estrogen yang menurun saat menyusui turut memperburuk kesehatan tulang ibu. Perlu Bunda ketahui bahwa hormon estrogen juga berguna untuk melindungi tulang.

Jadi, agar tubuh ibu tidak mengambil kalsium dari tulang, ibu menyusui perlu mencukupi kebutuhan kalsiumnya dari luar (seperti dari makanan maupun suplemen kalsium). Jumlah kalsium yang ibu butuhkan saat menyusui tergantung dari jumlah ASI yang diproduksi ibu dan berapa lama ibu menyusui bayinya.

Osteoporosis pada ibu menyusui

Osteoporosis merupakan salah satu penyakit yang biasanya diderita oleh orang yang sudah tua. Orang yang menderita osteoporosis memiliki tulang yang lemah dan mudah patah. Hal ini bisa terjadi karena kepadatan atau mineral tulang yang menurun. Menyusui mungkin bisa menjadi salah satu faktor risiko untuk terkena osteoporosis. Hal ini terjadi karena menyusui bisa menekan metabolisme kalsium, sehingga bisa langsung memengaruhi metabolisme tulang.

Sebuah penelitian dalam jurnal Maturitas menunjukkan bahwa lama waktu menyusui yang telah lebih dari satu tahun bisa membuat ibu berisiko osteoporosis. Tapi, penelitian yang dilakukan oleh Okyay dan kawan-kawan tahun 2013 ini juga menyebutkan bahwa paritas tinggi (mempunyai anak banyak) bisa memberi efek perlindungan terhadap osteoporosis.

Penelitian lain yang dilakukan oleh Yonsei University College of Medicine di Korea Selatan telah menunjukkan bahwa menyusui bisa meningkatkan risiko osteoporosis pada wanita yang sudah menopause. Penelitian yang diterbitkan oleh jurnal Osteoporosis International ini juga menyebutkan bahwa risiko osteoporosis terlihat pada wanita yang menyusui selama 24 bulan atau lebih.

Tapi, penelitian ini telah menunjukkan bahwa diet (asupan makan) bisa membantu mengimbangi risiko tersebut. Penelitian yang melibatkan 1231 wanita menopause ini menyebutkan bahwa wanita dengan kadar vitamin D rendah atau yang mempunyai asupan kalsium kurang dari 800 mg per hari berada pada risiko kesehatan tulang yang buruk.

Apa yang perlu dilakukan ibu menyusui agar terhindar dari osteoporosis?

Dari hasil penelitian tersebut bisa disimpulkan bahwa pemenuhan kebutuhan vitamin D dan kalsium bisa mengurangi risiko wanita untuk terkena osteoporosis. Dengan mencukupi kebutuhan kalsium dan vitamin D Bunda selama menyusui, maka tubuh tidak akan mengambil kalsium yang terbisa dalam tulang, sehingga kepadatan tulang tetap terjaga.

Tidak hanya saat menyusui, pemenuhan kebutuhan kalsium dan vitamin D juga sangat diperlukan selepas Bunda menyusui untuk perbaikan bagi tulang Bunda. Dengan begitu, Bunda dapat membantu diri Bunda terhindar dari risiko osteoporosis.

Mau tampil cantik saat menyusui. Gamis Menyusui  dari sofeya solusinya. Oh Iya bund sofeya punya kabar baik untuk bunda sholehah, yaitu promo khimar atau sale price hingga 40 persen Kunjungi : www.sofeya.id

Mau tahu cara pemesanannya secara online silahkan klik Tata Cara Order Di Website

Sofeya ID / Gamis Menyusui / Khimar Syar’i / Gamis Ibu Menyusui / Mitos Atau Fakta Menyusui Dapat Menyebabkan Osteoporosis?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.