Blog

Ada banyak hal yang bisa dilakukan supaya cepat hamil. Salah satunya adalah dengan memenuhi asupan nutrisi dan vitamin yang tepat. Seorang spesialis kandungan dan kesuburan di Texas Fertility Center, dr. Natalie Burger mengatakan bahwa nutrisi yang tepat bisa membantu mempersiapkan tubuh Bunda untuk kehamilan yang sehat. Cari tahu nutrisi apa saja yang harus Bunda konsumsi supaya cepat hamil di bawah ini.

Berbagai nutrisi penting yang harus dipenuhi supaya cepat hamil

1. Zinc

Supaya cepat hamil, pastikan Bunda dan pasangan telah mencukupi kebutuhan zinc. Menurut American Pregnancy Association, zinc merupakan salah satu nutrisi yang membantu meningkatkan kesuburan wanita dan pria. Bagi wanita, zinc penting dalam membantu tubuh Bunda memaksimalkan fungsi hormon reproduksi seperti estrogen dan progesteron.

Kekurangan zinc apat menyebabkan membuat hormon wanita tidak seimbang. Dikhawatirkan, hal tersebut bisa memengaruhi perkembangan ovorium yang abnormal dan menstruasi tidak teratur.

Sementara pada pria, zinc berfungsi untuk melindungi sperma dari radikal bebas yang bisa merusak sel, juga memengaruhi jumlah dan kualitas sperma. Beberapa penelitian menyimpulkan bahwa pria dengan kadar zinc yang tinggi, baik itu merokok maupun tidak, memiliki sperma yang lebih sehat daripada pria dengan kadar zinc yang lebih rendah.

Beberapa makanan yang diketahui tinggi akan kandungan zinc di antaranya hati sapi, tiram, daging sapi, biji-bijian, kepiting dan lobster, kacang-kacangan, serta produk susu. Menurut Kementerian Kesehatan rekomendasi asupan zinc yang ideal bagi orang dewasa berkisar antara 10-13 mikrogram per hari. Atas saran dokter, Bunda juga bisa mengonsumsi suplemen zinc.

2. Coenzyme Q10

Studi menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen Coenzyme Q10 (CoQ10) bisa membantu meningkatkan kesuburan wanita dan pria. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada hewan, diketahui bahwa asupan vitamin CoQ10 bisa meningkatkan kualitas telur pada tikus. Ada juga bukti bahwa CoQ10 bisa meningkatkan jumlah sperma.

Menurut Mayo Clinic, CoQ10 diproduksi oleh tubuh dan diperlukan untuk fungsi dasar sel. Untuk orang dewasa, dosis harian yang direkomendasikan adalah 30-200 mg dalam dosis terbagi sepanjang hari. Konsultasikan ke dokter terlebih dahulu sebelum Bunda memutuskan untuk mengonsumsi vitamin ini.

Suplemen yang juga penting untuk menyiapkan kehamilan

1. Asam folat

Manfaat asam folat untuk ibu hamil memang sudah tak diragukan lagi. Bahkan, American Pregnancy Association merekomendasikan semua wanita usia subur mengonsumsi sekitar 400 mikrogram asam folat setiap hari supaya cepat hamil. Asam folat sendiri merupakan vitamin B kompleks yang digunakan oleh tubuh untuk membuat sel darah merah.

Selama kehamilan, vitamin ini berperan penting dalam perkembangan otak dan sumsum tulang belakang bayi. Rendahnya asupan asam folat sebelum dan selama kehamilan meningkatkan risiko bayi mengalami neutral tube defetcs (NTD) atau penyakit bawaan lahir karena gagalnya perkembangan organ bayi, seperti spina bifida dan anencephaly.

Secara umum, mengonsumsi asam folat pada waktu yang tepat dengan dosis yang sesuai setidaknya mulai dari satu bulan sebelum Bunda dan pasangan berusaha untuk hamil bisa mengurangi risiko komplikasi hingga 72 persen.

Bunda bisa mengonsumsi sayuran hijau seperti bayam atau selada, buah jenis jeruk-jerukan, kacang-kacangan, serta biji-bijian untuk memenuhi kebutuhan asam folat saat program hamil. Dokter mungkin merekomendasikan suplemen apabila makanan yang Bunda konsumsi tidak bisa memenuhi kebutuhan asam folat harian.

2. Zat besi

Mulailah meningkatkan asupan zat besi dalam makanan yang Bunda konsumsi sehari-hari jika ingin cepat hamil. Penelitian telah menunjukkan bahwa wanita yang tidak mendapatkan asupan zat besi yang cukup bisa mengalami anovulasi (tidak terjadinya ovulasi) dan kualitas sel telur yang buruk daripada mereka yang memiliki cadangan zat besi yang cukup dalam darahnya.

Zat besi sendiri dibutuhkan tubuh untuk membuat hemoglobin, komponen pembawa oksigen dari sel darah merah. Jika tubuh Bunda kekurangan zat besi, Bunda berisiko tinggi terkena anemia atau kekurangan sel darah.

Karena sel darah merah yang berperan untuk mengantarkan oksigen ke seluruh jaringan dan organ tubuh, termasuk indung telur dan rahim, kekurangan sel darah merah bisa menyebabkan telur yang disimpan di indung telur melemah dan menjadi tidak bisa hidup. Parahnya lagi, jika pembuahan terjadi, anemia membuat sel-sel janin tidak membelah dan tumbuh dengan baik. Ini bisa menyebabkan keguguran.

Bunda biasanya bisa mendapatkan asupan zat besi dalam makanan seperti daging merah, tahu, dan sayuran berdaun hijau gelap seperti kangkung.

3. Kalsium

Ahli gizi menganjurkan wanita yang ingin hamil untuk memenuhi asupan kalsium sekitar 1.000 mg sehari atau bahkan lebih. Ketika Bunda berencana untuk hamil, bakal bayi Bunda membutuhkan lebih banyak kalsium untuk untuk membangun tulang dan giginya dalam kandungan. Tak hanya untuk pertumbuhan tulang dan gigi, kalsium juga diperlukan untuk pertumbuhan hati, saraf, dan otot janin yang sehat.

Kalsium tidak bisa dihasilkan oleh tubuh sehingga kebutuhan kalsium harus dipenuhi dari luar, yaitu dari makanan dan suplemen (jika dibutuhkan). Minumlah banyak susu dan makan sayuran hijau untuk memenuhi kebutuhan kalsium Bunda agar cepat hamil.

Baca Juga : 

Comments

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.