Blog
Spread the love

Beberapa wanita mengeluh gatal di bagian bawah payudaranya karena timbul ruam. Katanya, hal ini disebabkan oleh pemakaian bra ketat yang menggesek kulit bawah payudara hingga menyebabkan ruam. Apa lagi penyebab ruam di bawah payudara, dan bagaimana cara mengatasinya? Simak informasinya berikut ini.

Apa saja penyebab munculnya ruam di bawah payudara?

Dalam dunia medis, ruam yang muncul di payudara disebut dengan intertrigo. Kondisi ini terjadi karena kulit bawah payudara menangkap keringat dan lembap, lalu terkena gesekan dari bra atau kulit di bawahnya. Kombinasi inilah yang memicu timbulnya ruam yang terasa gatal.

Berbagai penyebab timbulnya ruam di bawah payudara meliputi:

1. Biang keringat

Biang keringat (miliaria) adalah ruam kulit yang terjadi saat pori-pori kulit tersumbat keringat, bakteri, dan sel kulit mati. Walaupun lebih sering muncul pada area lipatan tubuh serta leher dan bahu, kulit bawah payudara Bunda juga bisa kena biang keringat.

2. Infeksi

Kulit yang dibiarkan lembap terus-terusan karena keringat menjadi tempat favorit bagi bakteri dan jamur untuk berkembang biak. Hal ini bisa memicu berbagai penyakit infeksi, di antaranya candidiasis dan kurap.

Candidiasis terjadi saat jamur Candida tumbuh subur pada kulit bawah payudara yang lembap. Sedangkan kurap disebabkan oleh pertumbuhan jamur Tinea di bawah payudara. Kedua infeksi ini ditandai dengan munculnya ruam berbentuk bulat, merah, dan sering menyebabkan gatal.

3. Alergi

Bagi Bunda yang memiliki ruam di bagian bawah payudara, coba ingat-ingat lagi jenis makanan maupun obat-obatan yang baru saja Bunda konsumsi. Pasalnya, ruam di bawah payudara juga bisa disebabkan oleh alergi, entah dari makanan, obat, atau gigitan serangga.

Ruam akibat alergi biasanya muncul seperti biduran berwarna merah dan gatal. Jika gatal-gatalnya cukup mengganggu, segera kompres dengan air dingin atau oleskan dengan krim hidrokortison atau losion calamine untuk menghambat produksi histamin yang menyebabkan gatal.

4. Penyakit autoimun

Ada beberapa penyakit autoimun yang bisa memicu timbulnya ruam di bawah payudara. Penyakit autoimun tersebut meliputi eksim, psoriasis, atau hiperhidrosis alias keringat berlebihan.

Bentuk ruam di bawah payudara akibat masing-masing penyakit autoimun ternyata berbeda-beda. Tanda-tanda eksim meliputi ruam merah yang meradang dan terasa gatal. Namun, ada juga yang berupa benjolan kecil berisi cairan yang apabila pecah akan terasa sangat gatal.

Jika disebabkan oleh psoriasis, maka bentuk ruam yang muncul di bawah payudara Bunda akan tampak seperti bercak merah, kering, bersisik, dan pecah-pecah. Akan tetapi, kalau ini disebabkan oleh keringat berlebihan atau hiperhidrosis, maka ruamnya tampak merah-merah dan gatal.

5. Kanker payudara

Kanker payudara peradangan adalah salah satu jenis kanker langka yang bisa menyebar dengan cepat. Gejalanya berupa:

  • Perubahan warna kulit payudara menjadi kemerahan.
  • Tekstur kulit tampak seperti kulit jeruk.
  • Muncul bintil-bintil kecil seperti jerawat.
  • Puting masuk ke dalam (puting terbalik).
  • Meskipun ruam di bawah payudara sangat jarang disebabkan oleh kanker, tidak ada salahnya untuk konsultasi ke dokter bila Bunda mengalami gejala-gejala tersebut.

Bagaimana cara mengatasi ruam di bawah payudara?

Gatal akibat ruam di bawah payudara umumnya bisa mudah diatasi. Pasalnya, ruam yang muncul kebanyakan disebabkan oleh infeksi jamur dan tidak berbahaya. Nah, Bunda bisa mengatasi ruam di bawah payudara dengan cara:

  • Kompres dengan air dingin
  • Gunakan sabun tanpa pewangi untuk mengurangi risiko iritasi kulit lebih lanjut
  • Hindari menggunakan bra untuk sementara waktu sampai ruam dan gatalnya berkurang
  • Gunakan bra dengan ukuran yang pas dan berbahan katun
  • Letakkan bantalan atau bra liner di bawah payudara untuk membantu menyerap keringat berlebih
  • Oleskan losion calamine untuk membantu meringankan gatal

Bila ruam di bawah payudara semakin memburuk dalam 5 sampai 7 hari, segera periksakan diri ke dokter terdekat. Apalagi bila Bunda mengalami:

  • Demam, mual, hingga muntah
  • Ruam terasa nyeri dan gatal
  • Timbul luka lecet di bawah payudara yang tak kunjung sembuh
  • Punya penyakit kronis atau gangguan sistem imun

Jika gejala-gejala tersebut disertai dengan puting masuk ke dalam, maka hal ini bisa jadi pertanda kanker payudara. Segera konsultasikan ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.