Blog
Spread the love

Sudah lazimnya setiap ibu hamil akan terjadi penambahan berat badan kurang lebih sepuluh kilo dari berat badan sebelum seorang ibu tersebut hamil. Hal ini tentu saja disebabkan karena pertumbuhan janin yang semakin hari kian bertambah besar. Perut yang besar dan beberapa bagian tubuh lain yang ikut membesar membuat para ibu hamil biasanya mengalami kenaikan berat badan yang sangat drastis. Jadi, yang dapat Bunda lakukan agar tetap dapat langsing saat hamil adalah berupaya mengatasi agar penambahan berat badan hanya terjadi pada bagian perut Bunda saja. Di bagian seperti lengan, punggung dan sebagainya, upayakan agar ukurannya tetap normal.

Dengan demikian, Bunda akan tampak semakin menarik pada saat hamil. Karena perut yang membesar pada saat hamil bagi sebagian suami akan menambah daya tarik tersendiri. Jadi bagaimana Bunda tetap hamil dengan bagian perut yang besar, namun tetap normal pada bagian-bagian tubuh lainnya, sehingga pakaian pun pada saat hamil tidak terlalu bermasalah. Kebanyakan wanita hamil yang tidak dapat mengontrol diri, biasanya akan mengalami penambahan berat badan yang sangat signifikan. Sehingga penampilan pada saat hamil benar-benar menjadi tak menarik. Ditambah lagi malas mengurus penampilan, maka yang terjadi Bunda akan semakin jelek pada saat hamil.

Lalu bagaimana caranya agar pada saat hamil Bunda tidak mengalami kenaikan berat badan yang sangat signifikan? Berikut ini beberapa cara yang dapat Bunda coba:

1. Hindari Konsumsi Karbohidrat

Menghindari konsumsi karbohidrat yang berlebihan, jadi Bunda harus benar-benar melakukan diet karbohidrat. Apabila makan, control jumlah nasi yang dikonsumsi. Sebagian wanita di awal-awal trimester pertama mengalami kehamilan malahan tak mau makan nasi. Ini biasanya akan berdampak pada ukuran bayi dalam kandungan. Juga pada tubuh ibu hamil. Yang sebaiknya Bunda lakukan adalah mengontrol jumlahnya agar tidak berlebihan, karena nasi juga sangat dibutuhkan untuk energi tubuh. Pada saat hamil kita butuh energi yang cukup untuk menjaga fisik agar dapat tampil kuat dan tidak lemah.

2. Perbanyak Makan Sayur Dan Buah

Memperbanyak konsumsi buah dan sayur. Buah dan sayur adalah sumber serat yang bukan hanya dibutuhkan oleh janin dalam kandungan. Namun juga oleh ibu hamil itu sendiri. Dengan banyak mengkonsumsi serat maka perut akan cepat kenyang, sehingga konsumsi karbohidrat yang berlebih pun akan dapat dihindari. Manfaat lainnya tentu saja untuk kebugaran tubuh ibu hamil. Bukan hanya sehat dan membantu diet, buah dan sayur juga menjadi sumber vitamin yang sangat dibutuhkan ibu dan bayi dalam kandungan. Mencegah radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh sehingga dapat melindungi kemungkinan buruk dari nutrisi yang akan dikonsumsi dari bayi yang ada di kandungan.

3. Olahraga Ringan Ibu Hamil

Lakukan olahraga ringan untuk ibu hamil. dapat Bunda cari panduan senam untuk ibu hamil dengan gerakan-gerakan khusus yang akan membantu penampilan ibu yang lebih fresh dan anak di dalam kandungan pun akan merasa lebih nyaman dengan kondisi ibu yang stabil.

4. Hindari Makanan Berlemak

Hindari makanan yang terlalu banyak mengandung lemak dan gula. Bukan hanya bayi Bunda yang akan besar, namun juga tubuh Bunda sendiri. Konsumsilah dalam jumlah yang wajar sehingga tidak berlebihan pada tubuh. Terlebih lagi apabila usia kandungan Bunda sudah semakin tua, biasanya diet ibu hamil juga dilakukan untuk mengontrol ukuran bayi yang akan dilahirkan. Semakin besar tentunya akan semakin beresiko sulit untuk dilahirkan.

5. Kontrol Nafsu Makan

Mengontrol nafsu makan juga sangat penting. Makanlah sesuai dengan kebutuhan, apabila masih lapar makan lah makanan yang tidak member efek samping buruk apabila dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan. Misalnya dengan mengkonsumsi jus atau sup sayur. Sayur dan buah menjadi kebutuhan serat yang akan memberikan efek positif bagi ibu dan bayi yang ada di dalam kandungan.

Tetap lah beraktivitas sebagaimana biasanya, jangan terlalu memperturutkan rasa lemah dan pusing, mual dan sebagainya. Harus Bunda lawan dengan berbagai aktivitas yang menjadi kebiasaan dan kesukaan Bunda. Makan lah sedikit sedikit saja, makan disaat Bunda lapar dengan nutrisi yang cukup dan dibutuhkan oleh tubuh Bunda dan bayi yang ada di dalam kandungan.

Cadangan makanan seperti protein menjadi cadangan makanan yang dapat Bunda konsumsi selain serat. Protein akan dapat menghambat rasa lapar sehingga ini akan baik untuk proses diet yang Bunda jalani. Perbanyak minum air putih. apabila ingin minum minuman berenergi, Bunda dapat mencoba minuman madu yang dicampur dengan air dingin.

Ini akan membuat tubuh Bunda lebih kuat dan berenergi. apabila ingin menghindari mual-mual, maka minum lah satu sendok makan madu asli. Teutama apabila ingin bepergian dengan kendaraan yang mungkin akan dapat menyebabkan para ibu hamil merasa mual. Madu tidak membuat gemuk, tapi minuman ini memberikan energi yang bagus.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.